74 views

Monas PDRI Dilanjutkan

Limapuluh Kota, NNews–Pembangunan Museum PDRI di komplek Monumen Nasional (Monas) Bela Negara yang identik dengan perjuangan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Koto Tinggi, Limapuluh Kota, kembali dilanjutkan. Tahun 2019 ini sesuai surat Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Pemuseuman Dirjen Kebudayaan Kemdikbud RI.

Surat yang di tujukan ke Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dengan nomor 3713/E2.6/KP/2019 itu disebutkan,pembangunan museum PDRI segera dilanjutkan tahun 2019 melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI.
    
Surat tertanggal 9 September 2019 yang ditandangai Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Fitra Arda itu ditembuskan langsung ke Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi. Pada surat tersebut juga dijelaskan secara lengkap kontraktor pelaksana fisik oleh PT. Karya Shinta Manarito dengan kontrak nomor 3702/E2.6/LK/2019, dengan nilai kontrak sebesar Rp 32.326.421.000,00 dan konsultan pengawas PT. Delta Arsitektur.   

Dalam surat Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman itu juga dijelaskan dengan gamblang pekerjaan dimulai terhitung mulai 9 September hingga 31 Desember 2019 selama 114 hari kerja.”Anggaran sebesar Rp 32 miliar lebih tersebut akan digunakan untuk pembangunan interior dan sarana dibagian dalam museum PDRI,”ungkap Sekretaris Yayasan Peduli Perjuangan PDRI, FGerizal Ridwan kepada Padang Ekspres, Rabu(11/9)sore.

“Ya. Melalui Kementerian Pendidikan, pemerintah pusat menganggarkan setidaknya Rp 32 Miliar lebih untuk melanjutkan pembangunan monumen dibekas ibukota negara RI tersebut. Alhamdulillah, pembangunan monumen PDRI kembali dilanjutkan. Namun baru satu Kementerian. Kementerian Pertahanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Pariwisata, tentunya harus bersinergi,”ucap Ferizal Ridwan yang juga Wakil Sekretaris Panitia Pembangunan Monas Bela Negara ini.

Menurut Ferizal Ridwan yang juga Wakil Bupati Limapuluh Kota ini, dirinya bersama Ketua YPP PDRI, N Ben Yuza serta kawan-kawan di YPP PDRI terus menyuarakan dan berjuang untuk bisa menuntaskan pembangunan Monas Bela Negara.”Kita berharap lembaga seperti BI dan RRI memiliki tanggungjawab juga ubtuk terus aktif menggiring tuntasnya Monumen Nasional Bela Negarai di Kototinggi, Limapuluh Kota, Tugu PDRI di Bukittinggi, Bidar Alam, serta yang ada di Halaban,”sebut Ferizal Ridwan.

Baca juga :  Perkuat Kemitraan, Pemkab - Jurnalis Silaturrahim

Kedepannya, Ferizal Ridwan juga berharap agar dilahirkannya Instruksi Presiden (Inpres) untuk percepatan pembangunan dan melibatkan secara penuh kementerian terkait. Sehingga bisa memberikan dampak positif bagi daerah-daerah yang telah menjadi basis perjuangan dan tonggak sejarah NKRI.

Meninjau secara langsung, Ferizal Ridwan Wakil Bupati Limapuluh Kota didampingi, Nasir Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman serta Kepala Bidang IWK Badan Kesbangpol Sumbar, Adi Dharma  mengunjungi Monumen PDRI Koto Tinggi.(m)

Arfidel Ilham

Terwujudnya masyarakat informasi yang dinamis sebagai dasar bagi terbentuknya masyarakat madani ( civil society ) yang sehat, cerdas, terampil, kretaif, inovatif, produktif, mandiri dan berbudaya tinggi.
Arfidel Ilham

Latest posts by Arfidel Ilham (see all)

Arfidel Ilham

Terwujudnya masyarakat informasi yang dinamis sebagai dasar bagi terbentuknya masyarakat madani ( civil society ) yang sehat, cerdas, terampil, kretaif, inovatif, produktif, mandiri dan berbudaya tinggi.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!