Selain Monas, Jalan Juga Mesti Diperhatikan

  • Whatsapp

Kototinggi, NNew–Salah seorang tokoh masyarakat yang terbilang cukup getol menyuarakan agar pembangunan Monas Bela Negara kembali dilanjutkan, Metrizal, merasa sangat bangga dengan akan segera dilanjutkannnya kembali pembangunan Monumen PDRI. Namun jalan juga mesti menjadi perhatian pemerintah sebagai satu kesatuan yang utuh pembangunan Monas Bela Negara.

“Alhamdulillah. Sudah masuk tahun kelima mangkrak semenjak tahun 2014 pembangunan Monas PDRI dilanjutkan kembali oleh PT. Karya Shinta Manarito sebagai pemenang tender di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,”ucap Metrizal.

Bacaan Lainnya

Namun pria yang sebelumnya juga menjabat Kepala Jorong di Kototinggi, Kecamatan Gunuangomeh ini berkomentar soal jalan menuju Monas PDRI yang juga mesti jadi perhatian. Kondisi jalan yang sempit dan disejumlah mengalami kerusakan dan juga membutuhkan pelebaran.

“Perbaikan jalan menuju lokasi pembangunan Monas juga harus dilakukan, apalagi status jalan nyo kini lah jalan Propinsi, bahkan kini jalan tersebut sudah banyak pemanfaatnyo sebagai jalur alternatif Pekanbaru-Pasaman dan sebaliknya. Karano jalan iko lah tembus ka Palupuah untuk menghindari jalan macet Payokumbuah-Bukittinggi di saat musim liburan,”ucap Metrizal dengan dialek Kototinggi yang khas.

Saat ini, kata Metrizal juga sudah banyak pengunjung yang datang ke Kototinggi, karena di Kototinggi banyak memiliki potensi objek wisata seperti Agro Wisata Jeaigo, Kampuang Wisata Adat “Saribu Gonjong Limo, Goa Imam Bonjol, Goa Aia Singkek serta wisata sejarah PDRI.

“Insya Allah akan di kembangkan wisata tambang yang ada di Mangani seperti wisata tambang yang ada di Sawah Lunto. Dilanjutkannya pembangunan Monas tentu memberi harapan baru bagi warga yang awalnya sudah pesimis akan kembali bisa dilanjutkan. Termasuk dari kaum Datuak Minsiang, Datuak Bandaro Mudo dan Datuak Juang yang telah menghibahkan tanah untuk Monas Bela Negara yang identik dengan PDRI ” ucap Tokoh masyarakat yang juga pegiat wisata JuPel PDRI ini.

Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Khairul Apit mengapresiasi bantuan kelanjutan pembangunan yang digelontorkan Kemndikbud RI untuk Museum PDRI di Kototinggi. Sehingga kecemasan masyarakat tidak akan dilanjutkannya pembangunan Monas mulai terjawab.

“Kita bersama masyarakat sangat bersyukur dan berterimakasih atas perhatian pemerintah melalui Kemendikbud untuk kelanjutan Monas Bela Negara. Harapan kita kontraktor pelaksana bisa bekerja maksimal dengan kualitas terbaik. Begitu juga harapan kita partisipasi masyarakat,”ucap anggota DPRD Limapuluh Kota dari fraksi Gerindra ini.

Ditambahkan mantan Walinagari Pandamgadang yang digadang-gadang bakal menjadi Ketua Fraksi Gerindra Limapuluh Kota ini, pembangunan tentunya harus seiring dan singkron dengan akses jalan menuju Monas PDRI.

“Kita juga berharap agar Kemen PUPR juga bisa mensingkronkan pembangunan jalan menuju Monas. Sehingga akses jalan juga menjadi lebih baik. Saat ini kondisi jalan dari pusat Limapuluh Kota menuju Monas Bela Negara di Koto Tinggi mengalami kerusakan dibeberpa titik, bahkan terbilang sangat parah,”tutup Khairul Apit disela-sela mengikuti orientasi anggota DPRD di Kota Padang, Rabu sore.(m)         

Pos terkait