111 views

Guru Honorer Divonis 20 Tahun Penjara

Sodomi Belasan Murid

Payakumbuh, NNews–Oknum guru honorer berinisial, YT, 28, asal Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota, terbukti melakukan sodomi terhadap 12 orang anak muridnya. Hal itu dinyatakan dengan vonis majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Payakumbuh, Rabu(2/10) dengan hukuman 20 tahun penjara dan denda 100 juta subsider 3 bulan kurungan.

Kasus ini berawal dari terbongkarnya perilaku seorang guru honor disalah satu SD Negeri di Kabupaten Limapuluh Kota yang nekat melakukan perbuatan dugaan sodomi dan pencabulan terhadap belasan muridnya. Aksi bejat sang guru diketahui sudah berlangsung sejak tahun 2017 silam. 

Vonis dibacakan dalam sidang oleh majelis hakim yang dipimpin Dr.Indah Wastukencana Wulan, SH,MH, dan Hakim anggota Nely Gusti Ade, SH serta Agung Dermawan, SH. Vonis lebih tinggi 5 tahun dari tuntutan Jaksa . Dimana tuntutan JPU hanya 15 tahun penjara dengan denda 100 juta supsider dan kurungan Tiga bulan. Sementara vonis majelis hakim 20 tahun kurungan.  

Tidak ada hal yang meringankan terdakwa YT dalam kasus ini, parahnya lagi tersangka seorang guru agama. Kemudian jumlah korban pencabulan yang dilakulannya sangat Bahkan terbukti terdakwa juga melakukan perbuatannya dengan mengancam anak muridnya akan dikurangi nilainya.

“Memang vonis hakim lebih tinggi dati tuntutan JPU. Ya, karena tidak ada hal meringankan terdakwa. Jumlah korban 12 orang, dia juga seorang guru agama dan dia mengancam anak muridnya dengan mengurangi nilai, tidak naik kelas,” sebut Humas PN Payakumbuh, Agung Dermawan, kepada awak media Rabu (2/10) usai sidang.

Selain itu, disampaikan Agung Dermawan, efek yang dirasakan korban cukup panjang dan perlu pendampingan untuk pemulihan korban. Karena terungkap dipersidangan bahwa pelaku sendiri dulu juga pernah menjadi korban perbuatan sodomi. 

Baca juga :  Tersangka Tindak Kriminal Melawan Saat Dibekuk Polisi

“Dampaknya jangka panjang, dikhawatirkan nanti korban ini juga akan melakukan hal sama. Karena pelaku terdakwa sendiri mengakui dulu pernah jadi korban perbuatan sodomi. Namun majlis Hakim tidak melihat itu sebagai hal yang meringankan,” sebut Mas Agung panggilan akrab Agung Darmawan.

Sejauh ini terdakwa YT, yang didampingi kuasa hukumnya Nuril Hidayati, SH Dari Posbakum Kharisma Pilar Keadilan menyatakan pikir-pikir atas vonis Hakim 20 tahun penjara. “Kuasa hukumnya masih pikir-pikir dulu apakah akan banding atau tidak. Waktu masih ada 7 hari kedepan. Kalau JPU menerima,” sebut Agung Dermawan.(m)

Majid Gindo

KIM NAGARI CERDAS INFORMASI adalah kelompok yang dibentuk oleh, dari, untuk masyarakat secara mandiri, independen dan kreatif yang aktifitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah ekonomi dalam informasi.
Majid Gindo

Majid Gindo

KIM NAGARI CERDAS INFORMASI adalah kelompok yang dibentuk oleh, dari, untuk masyarakat secara mandiri, independen dan kreatif yang aktifitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah ekonomi dalam informasi.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!