Dinas Pangan Limapuluh Kota Galakkan Program Nagari MANTAP

  • Whatsapp

Diskominfo Limapuluh Kota

Nagarinews.com – Sebagai perwujudan Nagari Mandiri dan Tahan Pangan, Dinas Pangan Kabupaten Lima Puluh Kota terus menggalakkan kegiatan Program Nagari Mantap.

Dengan melibatkan masyarakat dan Pemerintah Nagari, Kali ini Dinas Pangan melaksakan sosialisasi untuk penerapan Nagari Mantap di Nagari Ladang Laweh Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Senin (21/10/19).

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan sosialisasi di Nagari Situjuah Ladang Laweh ini dalam rangka mensukseskan kegiatan TMND/N ke 106 Tahun 2019. Selain itu Program Nagari Mantap ini bertujuan agar tercapainya nagari mandiri dan tahan pangan yang jelas dan tetap di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Sasaran Nagari mantap yang hendaknya dicapai antara lain membentuk Nagari yang benar-benar sudah mandiri dalam segala aspek kehidupan dan Nagari yang mampu mewujudkan ketahanan pangan yang melibatkan lintas sektoral.

Selain itu, sub-sistem yang akan direalisasikan di Nagari Mantap antara lain aspek distribusi pangan, ketersediaan penyediaan pangan, dan yang aspek kerawanan pangan yang sering menjadi masalah pangan disetiap Nagari.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, diadakanlah warung Paman (Pangan Mandiri). Dimana masyarakat dapat menjual hasil panen di warung Paman tersebut dan dapat mengatasi kerawanan pangan.

Warung paman merupakan inovasi dari distribusi pangan yg berputar sekitar pedesaan. Pelaksanaan Warung Paman sendiri telah dilaksanakan di Nagari Situjuah Ladang Laweh saat acara pembukaan TMMD/N lalu, yang mana masyarakat antusias dan berharap kegiatan tersebut bisa kembali terlaksana.

Diharapkan dengan terlaksananya Nagari Mantap bisa menyeimbangkan perekonomian di Nagari Situjuah Ladang Laweh dan Nagari lain di Kabupaten Lima Puluh Kota.(*)

Sumber : Diskominfo Lima Puluh Kota

Pos terkait