Atasi Krisis Air Bersih, BPBD Distribusikan Bantuan

  • Whatsapp


Limapuluh Kota, NNews–Pasca robohnya bak utama penampung air bersih warga Nagari Durian Gadang (Durga), Kecamatan Akabiluru, Sabtu(26/10) akhir pekan lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, distribusikan air bersih kepada warga menggunakan kendaraan operasional. 

Foto  : BPBD Distribusikan air bersih untuk warga Nagari Duriangadang yang mengalami krisis air bersih akibat bak penampung utama sumber air nagari roboh beberapa hari lalu. Simber foto Nagari Duriangadang for Padek. (Sumber : FB Pemnag Durga)

“Kami mewakili masyarakat Nagari Durian Gadang mengucapkan terimakasih kami kepada BPBD Limapuluh Kota yang telah membantu mendistribusikan air bersih, juga kepada Camat Akabiluru Bapak Khris La Deva, yang telah membantu dalam mempermudah koordinasi dengan instansi kabupaten terkait,”ucap Walinagari Duriangadang, Nanda Salman seperti dirillis website nagari setempat, Selasa(29/10). 

Bacaan Lainnya

Sebelumnya bak penampung utama air beraih di Sungai Doreh, Jorong Baringin Nagari Duriangadang, dihantam air saat hujan mengguyur kawasan tersebut, beberapa hari lalu. Masyarakat sudah turun bersama pemerintah nagari melakukan gotong royong. 

Kendati demikian, perbaikan membutuhkan waktu yang diperkirakan hingga satu pekan kedepan untuk bisa memfungsikan penampungan sumber utama air bersih untuk tiga jorong yang ada fonagari tersebut. Sehingga sepanjang waktu itulah, masyarakat akan kekurangan air bersih. 

“Alhamdulillah untuk sementara waktu, masyarakat bisa terbantu dengan pendistribusian air bersih dari BPBD. Setidaknya hari ini dua tangki operasional air bersih bisa didistribusikan kepada masyarakat. Ditambah lagi hujan yang turun sejak siang. Mudah-mudahan juga membantu ketersediaan air bersih warga,”sebut Nanda S saat dikonfirmasi pewarta Nnews, Selasa malam. 

Mendapatkan informasi kondisi kekeringan, Camat Akabiluru, Kris La Deva melakukan koordinasi dengan BPBD hingga dilakukan respon cepat pendistribusian air kebutuhan warga.”Hari ini ada dua tanki operasional air bersih yang didistribusikan. Mudah-mudahan bisa mencukupi kebutuhan untuk hari ini,”pungkas Nanda S, kemarin.(nn)

Pos terkait