Sempat Terputus, Jalan Provinsi Amblas Berhasil Diperbaiki

  • Whatsapp

Limapuluh Kota,Nnews–Jalan  Kotobangun, Kecamatan Kapur IX, persisnya  setelah jembatan Sopan, amblas, Senin(28/10). Sehingga tidak bisa dilewati kendaraan roda empat. Padahal jalur tersebut menjadi akses vital bagi sejumlah nagari di ujung Timur Limapuluh Kota tersebut. 

Masyarakat langsung menginformasikan kondisi tersebut ke Walinagari Kotobangun, Yusarlis Datuak Rajo Pangulu. Sehingga dilakukan koordinasi dengan Camat Kapur IX, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Limapuluh Kota.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulilah, dengan koordinasi yang cepat, jalan yang amblas sudah di perbaiki secara tanggap darurat oleh Dinas PUPR Provinsi Sumbar. Sebab jalan ini merupakan kewenangan provinsi sebagai penghubung alternatif antara Sumbar-Riau,”ucap Camat Kapur IX, Fery Aryantoni via telepon genggamnya kepada pewarta NNews, Selasa(29/10) malam. 

Kondisi jalan yang berada pada permukaan yang cukup sulit dengan salah satu sisinya merupakan sungai, diduga menjadi penyebab utama amblasnya jalan tersebut. Sehingga ketika terjadi hujan lebat, kata Camat Kapur IX, beban kendaraan yang lewat mudah menekan badan jalan yang terbilang cukup labil. 

“Namun saat ini( kemarin, red), kondisi jalan sudah bisa dilewati kendaraan roda empat kembali. Karena baru beraifat tanggap darurat, tentunya perlu perencanaan khusus untuk perbaikannya. Hanya saja setelah dilakukan penimbunan oleh Dinas PUPR Provinsi Sumbar, jalan sudah lebih aman untuk dilewati sementara,”tambah Camat, Fery Aryantoni. 

Foto : Kondisi jalan di Kotobangun yang amblas sebelum diperbaiki. Sumber foto Kecamatan Kapur IX for nagarinews.com.

Foto : Kondisi jalan di Kotobangun yang amblas Setelah diperbaiki. Beruntung Dinas PUPR Provinsi Sumbar melakukan penimbunan dengan cepat dan sudah bisa dilewati kembali. Sumber foto Kecamatan Kapur IX for nagarinews.com.

Walnag Kotobangun Himbau Pengguna Jalan Tetap Waspada

Sementara Walinagari, Kotobangun, Yusarlis Datuak Rajo Pangulu dalam status akun facebook nya menyatakan, kondisi terakhir jalan Provinsi dari Koto Bangun menuju Nagari Sialang yang dua hari terakhir mengalami amblas akibat curah hujan sangat lebat, mulai bisa dilewati,  kendaraan ringan maupun berat. Sebab  Dinas PU Provinsi Sumbar sudah melakukan penimbunan dengan sirtu,” tulis Yusarlis. 

Namun, Yisarlis tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan agar tetap waspada karena kondisi dasar tanah masih labil. “Disana,  memang  diiziinkan beberapa orang pemuda untuk berjaga dan melakukan penimbunan secara terus menerus. Sebab kondisi tanah yang sangat labil diarea tersebut,”kata Walnag. 

Kondisi jalan  yang berada persis di Jorong III, Nagari Kotobangun sebelumnya hampir putus sekitar 20 meter. Sehingga kendaraan yang bisa lewat hanya kendaran roda dua dan kendaraan roda empat, itupun dibantu menggunakan balok. Masyarakat sangat bersyukur, jalan yang juga penghubung Kecamatan Kapur IX dengan Nagari, Sialang dan Galugua tersebut berhasil dengan cepat diperbaiki. 

“Alhamdulillah, sekarang sudah bisa dilewati kembali. Mudah-mudahan kedepan tidak terjadi lagi jalan amblas seperti ini,”ucap Sardi, salah seorang warga Kapur IX, kemarin.(nn)

Pos terkait