Layani Pajak Rannmor, Samsat Payakumbuh Hadir di MPP

  • Whatsapp

Payakumbuh, Nnews–UPTD (Unit Pelayanan Teknis Daerah) Pelayanan Pendapatan Provinsi Sumbar di Kota Payakumbuh, terus optimalkan pelayanan. UPTD yang kerap disebut Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Payakumbuh ini juga hadir di Mall Pelayanan Publik (MPP) lantai dasar Balai Kota Payakumbuh.

Setelah sukses dengan layanan Drive Thre dan samsat keliling, konter samsat di MPP mulai ramai dikunjungi masyarakat sejak dibuka 22 Oktober 2019 lalu. Bahkan masyarakat juga mulai ramai mengunjungi nya setiap hari dengan jumlah kunjungan mencapai 30-40 orang setiap hari.

Bacaan Lainnya

“Bayar pajak kendaraan sudah bisa di Mall Pelayanan Publik di Balaikota Payakumbuh. Kita sudah mulai memberikan pelayanan kepada masyarakat sejak 22 Oktober 2019 kemarin. Meski terbilang baru, tapi jumlah kunjungan masyarakat setiap hari sudah ramai, sudah ada mencapai 30-40 orang,” ujar Kepala UPTD Samsat Kota Payakumbuh Yanidar, Selasa (12/11), kepada Pewarta Nagari dikantornya.

Keberadaan Konter Samsat di MPP Balaikota Payakumbuh untuk mendekatkan pelayanan Samsat kepada masyarakat. Dengan hadirnya Samsat di MPP, masyarakat Payakumbuh tidak perlu antrian di kantor induk Samsat di Jalan Rasuna Said, Kelurahan Tiakar.

“Ini bukti kita terus mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu antri di Kantor Samsat. Cukup menunggu Lima menit, masyarakat sudah bisa bayar pajak di MPP. Dan tidak perlu bawa kenderaan, bayar pajak bisa dilakukan,” sebut Yanidar, dengan ramah kepada awak media.

Untuk saat ini disampaikan wanita murah senyum ini, setiap hari kerja mulai Senin-Jumat, ada Dua orang petugas di Konter Samsat Payakumbuh yang akan melayani masyarakat yang hendak membayar pajak. Meski Dua orang, masyarakat sudah bisa bayar pajak dalam waktu Lima menit.

Sebelumnya, Samsat Kota Payakumbuh juga meluncurkan layanan Drive Thru. Dimana, pelayanan yang dilaunching Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz ini dapat melayani masyarakat dengan cepat. Cukup di atas kenderaan, pembayaran layanan  pajak tahunan sudah dapat dilakukan.

Selain Dua tempat pelayanan itu, Samsat Kota Payakumbuh juga melayani masyarakat melalui Samsat Keliling khusus daerah terjauh. Dimana setiap bulan ada Empat titik berbeda tempat memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat tidak perlu datang kekantor induk Samsat sudah dapat membayar pajak tahunan.

“Samsat keliling itu untuk menjangkau masyarakat yang jauh, ada di Kantor Walinagari Taeh Baruah, Kantor Camat Halaban, Nagari Situjuah Batuah dan Pasar Piladang. Ini semua dilahirkan Samsat untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan mempermudah masyarakat untuk mengakses layanan Samsat,” terang Yanidar.

Dengan adanya berbagai tempat pelayanan Samsat di Kota Payakumbuh, disampaikan Yanidar, tingkat kepatuhan masyarakat membayar pajak kenderaan bermotor meningkat. Dengan begitu sebut Yanidar, pendapatan pajak kenderaan bermotor, juga meningkat.

“Kita harapkan kepada masyarakat untuk datang langsung ketempat-tempat pelayanan Samsat. Di Drive Thru hanya Lima Menit selesai, begitu juga di Mal Pelayana Publik (MPP) juga Lima Menit. Kedepan kita terus akan melahirkan inovasi untuk terus mendekatkan layanan kepada masyarakat,”harap Yanidar.(m)  

Pos terkait