3 views

BOX MPP Payakumbuh

Melirik Persiapan Pelayanan Paripurna MPP Payakumbuh Jelang Grand Lauching
Setiap Urusan Tak Lagi Membosankan, Diwujudkan untuk Kebahagiaan Publik

Mewujudkan pelayanan yang benar-benar nyaman, Pemerintah Kota Payakumbuh, menggagas Mall Pelayanan Publik (MPP). Konsep paripurna yang disuguhkan benar-benar dirancang tidak untuk sekedar kepuasan, namun sudah berorientasi pada kebahagiakan bagi masyarakat. Seperti apakah?

nagarinews.com–Payakumbuh

Hadirkan suasana sangat berbeda, memasuki lantai I Balaikota Payakumbuh di eks lapangan Poliko, pusat Kota Payakumbuh terasa jauh lebih nyaman. Ruangan yang lega dengan sederet counter atau gerai dan ruang pelayanan yang rapi.

Ruang tunggu yang lega, tata interior yang terkesan mewah dan elegan hinga layanan khusus untuk masyarat difabel, disediakan. Tidak hanya itu, playground sebagai tempat bermain anak hingga sebuah coffeshop juga menjadi perpaduan Mall Pelayanan Publik (MPP) yang sempurna.

Layak disebut sempurna, sebab konsep pelayanan terpadu bagi publik ini memang ditujukan untuk pelayanan super nyaman. Setidaknya sudah mampu memberikan kenyamanan extra bagi para pengguna. Terutama masyarakat yang membutuhkan pelayanan publik.

Artinya mengurus segala kepentingan, sudah jauh lebih ternikmati dan tak lagi bosan menunggu. Menunggu pelayanan bisa sambil bermain bersama anak atau sambil menikmati secangkir kopi di coffeshop. Multi pelayanan sekaligus memudahkan masyarakat, karena berada dalam satu ruangan terpadu.  

“Setiap urusan yang kadang satu sama lainnya berkaitan, masyarakat cukup bergeser dari satu ruang pelayanan atau gerai yang satu ke gerai yang lainnya, jika membutuhkan layanan tambahan,”ucap Kepala Dinas Penanaman Modal-Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP), Hermayunis melalui Kabip PTSP, Agus Tri Susatya kepada Pewarta NNews, Jumat(8/11) akhir pekan lalu.

Ketika masyarakat membutuhkan surat keterangan hilang saat melakukan pengurusan pajak kendaraan di gerai layanan Samsat misalnya, bisa langsung meinta surat keterangan ke layanan kepolisian, atau membutuhkan transaksi keuangan juga tersedia beberapa counter layanan perbankan.

Baca juga :  Ketua DPRD Defenitif Diumumkan Tak Lagi Tunggu Wakil, Segera Dilantik

“Masyarakat yang kadang membutuhkan layanan yang satu sama lainnya berkaitan seperti itu, akan merasakan kemudahannya,”ucap Agus Tri Susatya menambahkan.

Jika nanti sudah beroperasi secara sempurna, MPP akan mampu melayani 167 perizinan yang bisa diurus di MPP Kota Payakumbuh. Sebanyak 87 diantaranya adalah pelayanan dari DPM-PTSP dan sisanya berasal dari 19 instansi lainnya.

Launching 17 Desember mendatang

Menurut Tri Agus Susatya, nantinya di MPP akan ada sebanyak 17 counter, 9 ruang pelayanan dan 10 pendukung pelayanan. Sebeut saja mulai dari layanan Kantor Urusan Agama (KUA) Kemenag, Samsat, Disdukcapil, DPM-PTSP, BPJS Kesehatan, Pertanahan, PLN, PDAM, Dinas Sosial perbankan hingga galeri Dekranasda dan banyak lagi, termasuk pengurusan Paspor.

“Kita tengah melakukan penyempurnaan dan persiapan untuk grand launching 17 Desember mendatang, bertepatan dengan HUT Kota Payakumbuh,”terang Kabid PTSP, DPM-PTSP, Kota Payakumbuh.

Pelayanan yang tersedia dan sudah beroperasi seperti samsat Kota Payakumbuh, mulai dirasakan kemudahannya bagi masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan Jeffrey Ricardo, warga Kota Payakumbuh yang megurus pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“MPP memang sangat nyaman, pengurusan tidak harus datang ke kantor samsat. Begitu juga dengan pelayanan lainnya. Namun yang peling berkesan bagi saya, pelayanan yang ramah dari petugas serta ruang tunggu dan pengurusan yang lega,”sebut Jeffrey.

Tidak hanya warga

Camat Lamposi Tigo nagori (Latina), David Bachri juga merasa takjub dengan MPP Payakumbuh. Tidak hanya ditunggu oleh petugas yang ramah, MPP ada untuk memberikan akses 1 tempat dengan multi layanan bagi masyarakat di Kota Payakumbuh.

“Semoga masyarakat kita bahagia dengan adanya MPP di Payakumbuh, ini baru soft launching, kita tidak sabar menunggu grand launchingnya saat ulang tahun Kota Payakumbuh nanti, ini adalah bukti keseriusan Pemko Payakumbuh dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyaraksat,” kata David Bachri.(m

Baca juga :  Sepuluh Titik Jadi Tempat Sampah Sembarangan

nagarinews

KIM NAGARI CERDAS INFORMASI :
Mewujudnya masyarakat informasi yang dinamis sebagai dasar bagi terbentuknya masyarakat madani ( civil society ) yang sehat, cerdas, terampil, kretaif, inovatif, produktif, mandiri dan berbudaya tinggi.
nagarinews

nagarinews

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) NAGARI IINFORMASI

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!