8 views

Pembangunan Monas Butuh Didorong dan Organisir Ulang

Limapuluh Kota, NNews–Sebagi simbol perjuangan wujud bela negara melaluiĀ  Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI), Monumen Nasional (Monas) Bela Negara, di Kototinggi perlu didorong dan di organisir ulang.

Hal itu disampaikan langsung Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa melalui Brigjen TNI Rufbin Marpaung, Asisten Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa, di Gedung Poli Teknik Negeri Payakumbuh di Tanjuangpati, Selasa(5/11).

“Kami melihat pembangunan monumen bela nagara ini perlu didorong dan diorganisir ulang. Demikian juga dengan pelaksanaan peringatan hari Bela Negara, kami juga akan mendorong untuk dilaksanakan secara Nasional di Kabupaten Limapuluh Kota,

Dalam agenda kunjungan kerja dan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar bersama sejumlah tokoh masyarakat dan YPP PDRI di Kabupaten Limapuluh Kota itu, Brigjen TNI Rufbin Marpaung menghimbau agar sejarah diwariskan kegenerasi berikutnya untuk memperkuat jiwa bela negara.

“Sudah selayaknya sejarah ini diwariskan kepada generasi muda sebagai bentuk apresiasi dengan membangun monumen bela negara,”jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan sekaligus sekretaris YPP PDRI saat menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan, sesuai dengan visi misi dan RPJM, Kabupaten Limapuluh kota telah melaksanakan pembangunan, penghargaan kepahlawanan dan pemuliaan terhadap perjuangan PDRI.

“Mohon maaf barangkali karena persoalan Nomenklatur. Keinginan pihak pusat yang berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) pembangunan dilaksanakan oleh daerah melalui tugas perbantuan (TP), sementara kami di daerah mempunyai kelemahan karena setiap TP diwajibkan ada dana pendampingan 10 persen. Oleh karena itu, dua kali anggaran tidak dapat dilaksanakan,” tutur Ferizal Ridwan dihadapan para peserta FGD.

Selain Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, juga bertindak sebagai narasumber dalam FGD tersebut Ketua DPD Perpabri Sumatera Barat, Letkol Saiful Bahri, dan Wannofri Syamri, pakar sejarah Universitas Andalas.

Baca juga :  Camat Nurdal Pamitan, Camat Baru Desfitwarni : Terima Kasih Atas Binaan Dan Bimbingannya Pak

Kegiatan ini juga dihadiri oleh mantan Bupati Limapuluh Kota, dr. Alis Marajo, Ketua Yayasan Peduli Perjuangan (YPP) PDRI, N Ben Yuza, Labid 1.4/VI Kesbang, Kolonel CZI Kun Wardana, staf ahli bidang ekonomi, Kemenko Polhukam Asmarni, para tokoh dan Walinagari.(m)

nagarinews

KIM NAGARI CERDAS INFORMASI :
Mewujudnya masyarakat informasi yang dinamis sebagai dasar bagi terbentuknya masyarakat madani ( civil society ) yang sehat, cerdas, terampil, kretaif, inovatif, produktif, mandiri dan berbudaya tinggi.
nagarinews

nagarinews

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) NAGARI IINFORMASI

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!