5 views

SMA 1 Harau Gagas Kemandirian Siswa Lewat Wira Usaha

Kecenderungan masyarakat yang terperangkap pola-pola konsumtif akhir-akhir ini menjadi ancaman kemandirian. Sehingga lebih memilih menjadi konsumen atau pengguna ketimbang menjadi penyedia dan mencipta. Namun SMAN 1 Harau menggagas bagaimana menciptakan kemandirian siswanya. Seperti apa?  

Nagarinews.com–Limapuluh Kota

Dibekali kemampuan menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk nyata dan sederhana, setidaknya untuk  kebutuhan-kebutuhan harian yang bermanfaat. Begitulah SMAN 1 Harau memotivasi siswanya agar mampu memiliki daya cipta, kreatifitas dan kemandirian.

Sesuai dengan implementasii pembelajaran kewirausahaan, SMA Negeri 1 Kecamatan Harau menggagas kegiatan pameran expo kewirausahaan, di halaman sekolah, Tanjung Pati, Nagari Koto Tuo, Kecamatan Harau, Rabu (20/11).

Sederet stand menjadi tempat memamerkan hasil karya para siswa, setiap kelas mendapatkan tugas untuk mengisi stand dengan hasil karya yang dimiliki. Sehingga menjadi motivasi memancing daya imajinasi menangkappeluang usaha.

Bangun Pola Kewirausahaan

Begitulah pola kewirausahaan dibangun agar mampu memancing pelajar menemukan peluang-peluang usaha sebagai langkah menjadi entrepreneur dimulai dari hal yang paling sederhana.

Umumnya ditampilkan jajanan yang biasa dikonsumsi para pelajar setiap harinya, setidaknya bisa membuat dan mengolah. Disitulah para pelajar mengetahui,jajanan yang selama ini hanya dibeli dengan uang jajan ternyata bisa di buat sendiri dan tidak sulit.

Hanya saja, butuh kemauan dan motivasi menjadi pribadi yang mandiri sekaligus memanfaatkan peluang yang ada, menjadikan siswa lebih produktif.  

Pola Konsumtif Dirubah Jadi Produktif, Mandiri dan Kreatif

Kepala sekolah SMA N 1 Kecamatan Harau, Afrizal dalam sambutannya mengatakan, kegiatan expo keweriusahan dilaksanakan bertujuan menciptakan siswa-siswa yang produktif, kreatif dan handal.

“Kita ingin selesai SMA anak-anak bisa mandiri dan berwirausaha, dimanapun mereka berada nanti mereka menjadi anak-anak yang produktif dan bukan konsumtif saja,”jelasnya.
Tentunya, kata Afrizal, pola-pola seperti ini akan menjadikan siswa lebih terinspirasi dan tidak hanya mengandalkan kemampuan akademis untuk menjadi pegawai saja. Namun nanti juga mampu membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat banyak.

Baca juga :  Baru Satu Nama Pimpinan DPRD

Kegiatan yang disebut Expo Kewirausahaan ini kali ini, diikuti seluruh kelas, jadi masing-masing kelas mendirikan stand yang diisi dengan jajanan hasil olahan mereka sendiri.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, apa yang  kita harapakan bersama benar-benar terwujud, sehingga terlahir anak-anak yang mandiri berguna bagi masyarakat banyak,”tutupnya.

Expo Kewirausahaan dibuka oleh Asisten Perekonomian dan pembangunan

Expo yang dibuka Asisten Perekonomian dan pembangunan, Fitma Hindrayani didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan, Indrawati, camat Harau, Andriyasmen, tokoh masyarakat beserta undangan lainnya, menjadi sebuah terobosan mempersiapkan generasi muda yang produktif.  

Fitma Hindrayani dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang di gagas SMAN 1 Harau. Menurutnya jajaran sekolah telah mampu berinovasi menciptakan pendidikan krakter dan kemandirian terhadap siswa.
“Atas nama pemerintah daerah kita menyambut baik penyelenggaran expo kewirausahaan sekolah. Kita harap sekolah-sekolah lain juga dapat meniru kegiatan seperti ini,”ujarnya.

Fitma berharap apa yang telah dibuat dan diciptakan siswa di sekolah dapat dikembangkan dan diimplementasikan ke tengah masyarakat. “Selamat atas expo kewirausahaan. Teruslah berkiprah dan bikin bangga orang tua,”ajak Fitma Indra Yani.(*)

Nagarinews.com :

nagarinews

KIM NAGARI CERDAS INFORMASI :
Mewujudnya masyarakat informasi yang dinamis sebagai dasar bagi terbentuknya masyarakat madani ( civil society ) yang sehat, cerdas, terampil, kretaif, inovatif, produktif, mandiri dan berbudaya tinggi.
nagarinews

nagarinews

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) NAGARI IINFORMASI

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!