Sitapa, Nagari dengan Transparansi Terbaik I di Sumbar Setiap Informasi Bisa Diakses Masyarakat

  • Whatsapp

Limapuluh Kota, NNews–Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang atau yang belumnya dikenal dengan nama Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Panjang, (Sitapa) Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota, raih penghargaan terbaik I dalam keterbukaan informasi publik (KIP) dari Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat, Jumat(6/12).

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yg diselenggarakan KI Sumbar bekerjasama dengan Pemprov Sumbar di Hotel Kyriad Bumi Minang Padang itu, membuktikan nagari yang berada dilereng gunung Sago tersebut menjadi nagari dengan keterbukaan dan transparan dalam pemerintahannya.

Bacaan Lainnya

“Setelah melaui proses penilaian Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang dilakukan oleh Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat di Seluruh badan publik berdasarkan amanah Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Desa, akhirnya kita menjadi yang terbaik,”ungkap Herry Wanda, operator sekaligus perangkat Pemerintahan Nagari Tanjuang Haro SIkabu-kabu Padang Panjang, Minggu(8/12).

Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang Kecamatan Luak Kabupaten Limapuluh Kota ini, meraih dua penghargaan. Pertama, sebagai Nagari yang Informatif Dan penghargaan kedua sebagai Peringkat I Keterbukaan Informasi Publik Kategori Nagari/Desa seluruh Sumatera Barat tahun 2019.

Penghargaan sebagai nagari informatif yang sebelumnya dipimpin, Maskar M Datuak Pobo ini, diterima Pj.Wali Nagari Trisna. Penghargaa diterima langsung dari Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan selanjutnya penyerahan penghargaan peringkat I Keterbukaan Informasi Publik Kategori Nagari/Desa diterima, Herry Wanda, sebagai perwakilan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang.

“Penghargaan sebagai nagari informatif diterima Trisna.S.Sos Pj.Wali Nagari Tj.haro Sikabu-kabu Pd.Panjang”

“Prestasi ini diraih berkat dukungan kinerja yang baik pada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Pemerintahan Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang dalam mewujudkan keterbukaan informasi serta trasnparansi  di Nagari, karna informasi publik merupakan Hak Seluruh Masyarakat,”tambah Wanda bersama Trisna.

Penjabat Walinagari, Trisna menyampiakan, bahwa pengharagaan yang telah dicapai ini sepatutnya diberikan kepada mantan Walinagari Sitapa, Maskar M Datuak Pobo.”Sebab beliaulah yang telah berkomitmen mewujudkan keterbukaan informasi di Nagari yang dituangkan dalam misi utama beliau untuk membangun pemerintahan Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang yang transparan dan terbuka,”ucap Trisna.

Lebih jauh dijelaskan Herry Wanda, proses penilaian yang dilakukan Komisi Informasi Sumatera Barat mulai dari, pendistribusian  Kusioner (SAQ) indikator  yang  di isi oleh  Badan Publik serta melengkapi bukti data dan dokumentasi  sesuai kusioner yang di isi tersebut.

“Kemudian verfikasi Website Badan Publik (Nagari, red) sesuai Kusioner (SAQ) indikator penyampaian informasi di Website nagari, selanjutnya Visitasi atau kunjungan langsung Komisi Informasi Sumatera barat ke Nagari, presentasi pengelolaan layanan informasi publik di nagari,”ucap Herry Wanda yang juga sukses menjadikan Nagari Sitapa, Sekretariat Nasional Open Desa.(m)

Pos terkait