Pemukiman dan Badan Jalan Harus Lebih Tinggi Anak-anak Malah Nikmati Banjir

  • Whatsapp

Limapuluh Kota, NNews–Sejumlah pemukiman dan badan jalan di Jorong Subarang Taram, Nagari Taram, Kecamatan Harau, terendam banjir yang kembali terjadi, Jumat(20/12). Warga berharap jika pemukiman yang sudah ada tak bisa lagi ditinggikan, jalan seharusnya dibangun lebih tinggi.

Sehingga jika terjadi genangan banjir dari Batang Sinama, setidknya akses transpotasi untuk distribusi bantuan atau mobilitas masyarakat tgetap bisa lebih lancar. Hal itu menjadi salah satu harapan warga Taram.

Bacaan Lainnya

“Kita berharap pemerintah bisa membangun badan jalan diperbatan Taram dengan Kota Payakumbuih di Payobasuang ini bisa lebih tinggi. Cukup satu meter saja, itu sudah bisa dilewati kendaraan, meskipun terjadi banjir,”uycap Edrianto salah seorang warga kepada Pewarta Nagarinews.com, Jumat(20/12) kemarin.

Nagari Batu Balang

Sementara itu, Kepala Jorong Taram, Bambang Zulwadi membenarkan, banjir yang terjadi Jumat pagi kemarin, cukup tinggi dibanding banjir yang terjadi sebelumnya.”Banjir kali ini lebih tinggi dari sebelumnya, ketinggian air di badan jalan mencapai pinggang orang dewasa,”sebut Bambang Zulwadi.

Hal yang sama juga terjadi diperbatasan Nagari Andaleh, Kecamatan Luak dan Nagari TYaram, Kecamatan Harau. Jalan penghubung dua nagari ini juga terendam selain puluhan hektar sawah dan kebun masyarakat.

“Luapan Batang Sinama yang membuat sawah dan jalan ini terendam. Air cukup dalam sehingga tak bisa dilewati sama sekali,”ucap Ika Ardian, salah seorang warga Andaleh kepada Pewarta Nagarinews.com , kemarin.

Nagari Taram

Begitu juga dengan pintu masuk menuju Nagari Taram di Nagari Batubalang, Jalan digenangi air cukup tinggi hingga sepaha orang dewasa. Sehingga selain kendaraan yang cukup tinggi tidak bisa melintasi kawasan ini.

“Tidak bisa lewat sini, jika motor terpaksa kita naikkan sampan ini,”ucap Hendra salah seorang warga yang menjul jasa penyeberangan untuk kendaraan roda dua dan orang yang ingin melintasi jalan di Jorong Kotoharau, Nagari Batubalang, kemarin.

Sementara anak-anak terlihat sangat ramai bermain air, berenang dijalanan yang banjir. Sehingga mengundang para penjaja makanan untuk membuka lapak disekitar kawasan ini.”Seperti tempat bermain dadakan,”sebut warga bercerita sambil berlalu menyeberangi jalanan yang banjir, kemarin.(nn)            

Nagari Andaleh

Pos terkait