Desa Sipora Jaya satu satunya Desa opensid Kepulawan Mentawai

  • Whatsapp

Mentawai,Nnews– Wujudkan inovasi desa dibidang teknologi informasi baik itu untuk pelayanan publik maupun keterbukaan imformasi publik di Pemerintah Desa secara digital. Pemerintah Desa Sipora Jaya kecamatan Sipora utara kabupaten Kepulawan Mentawai mengudang Herry Wanda dari pengurus Sekretariat Nasional Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa) guna untuk memberikan pendampingan penerapan Sistem Informasi Desa Terbuka (OpenSID).

Kegiatan pendampingan bimbingan teknis diadakan langsung dikantor Desa Sipora Jaya selama tiga hari kerja dimulai pada senin 23,24 dan 26 Desember 2019, diikuti tiga orang perangkat Desa Andik Nyoto Prasetyo kasi pelayanan Wajar Santoso kaur tata usaha dan umum, Siti khomariyah kasi pemerintahan.

Bacaan Lainnya

Selama tiga hari pendampingan perangkat desa yang mengikuti pelatihan sangat lah antusias dan penuh semangat. Usaha mereka tidaklah sia sia akhirnya opensid Desa Sipora jaya siap juga. Sekarang siapa saja yang ingin tahu imformasi tentang Desa Sipora Jaya suda bisa diakses melalui Website Resmi Desa http//siporajaya.opendesa.id.

Joko Suparno sekretaris Desa Sipora Jaya waktu ditemui Nnews megatakan,
“dengan adanya Sistem Informasi Desa (OpenSID) akan sangat mendukung pelayanan masyarakat dikantor kepala desa sangat cepat dan juga semua masyarakat akan tahu serta melihat seluruh imformasi Desa dengan terbuka melalui website desa, dia juga berharap kepada pemerintahan kabupaten untuk mendukung inovasi ini terutama dinas terkait yaitunya dinas perhubungan.

“sekarang baru desa kami yang akan menerapkan Sistem Informasi Desa Terbuka (OpenSID). Besar harapan kami OpenDesa ini selalu mendukung dan mendapingi kami untuk mewujudkan Desa Cerdas Informasi/ Desa Informatif. Mudah-mudahan di tahun 2020 mendatang desa sipora jaya bisa menerapkan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasibpublik dan Perkip nomor 1 tahun 2018 tentang standar layanan informasi desa sehingga mewakiki kep.mentawai dalam penilaian keterbukaan informasi publik kategori desa/nagari tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Mas Bowo selaku Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Sipora Utara sangat lah senang degan adanya OpenSID di Desa dampingannya.
“Selaku PLD akan mengatakan kedesa desa dampingan lainnya bahwa OpenSID merupakan inovasi yang patut direplikasi , karna Sistem Informasi Desa ini memudahkan pelayanan dan administrasi pemerintahan desa serta membangun transparansi desa kepada masyarakat, ucapnya.(m)

Pos terkait