SP PLN Kembali Aktif, Muscablub Digelar

  • Whatsapp

Payakumbuh, NNews–Serikat Pekerja PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh, gelar Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub) di Kolivera Ballroom Payakumbuh, Senin(20/1).

Sempat terpecah dan berbeda pendapat sejak tahun 2009 hingga 2019 SP PLN kembali menggeliat. Rekonsiliasi dilakukan hingga kembali menyatu dalam satu wadah SP PLN . Sehingga dilakukan Muscablub di sejumlah wilayah kerja PLN untuk pemilihan ketua umum Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

Bacaan Lainnya

Sebanyak 7 DPC segera melakukan Muscablub, tiga diantarnya sudah menggelar Muscablub, UP3 Padang dan Kantor Wilayah, kemudian Muscablub SP PLN UP3 Payakumbuh merupakan yang ketiga. Selanjutnya setelah semua DPC terbentuk dan kepengurusan yang baru tersusun, akan dilanjutkan dengan Musda DPD Sumbar.

Manager UP3 PLN Payakumbuh, Eddy Saputra, mengatakan, serikat pekerja sangat penting dan dibutuhkan. “Mengacu pada Undang-undang buruh, hubungan industrial dan bagaimana menciptakan kesejahteraan pekerja jadi sangat penting. Sehingga serikat pekerja memiliki peran strategis sebagai wadahnya ,”ucap Manager UP3 PLN Payakumbuh, Eddy Saputra, Senin(20/1).

Sementara dalam sambutan Ketua DPD SP PLN Sumbar, yang diwakili, Yose Febrina Katrine mengatakan, Serikat pekerja merupakah wadah hubungan industrial yang bertujuan meningkatkan kinerja sekaligus kesejahtetaan karyawan atau pekerja.

“Setelah sempat terjadi perbedaan pendapat dan terpecah selama 10 tahun, sekarang SP PLN kembali menyatu dan bekerja bersama. Sehingga mampu mendukung kinerja perusahaan dan kesejahteraan karyawan kedepan, ” harap Yose Febrina Katrine mewakili Ketua DPD SP PLN Sumbar.

Dalam Muscablub tersebut terpilihlah, Mulyadi Eka Putra sebagai Ketua DPC SP UP3 Payakumbuh periode 2020- 2024 yang lansung dilantik dan serah terima dari Ketua DPC yang lama.

Dalam suasana muscab sempat mencuat isu tentang Program PLN Pusat yg sempat meresahkan karyawan PLN terkait program CCS, yang mengarah nantinya pelayanan terhadap pelanggan akan dilaksanakan oleh UP3, dimana pelayanan pelanggan sebelumnya dilaksanakan oleh Unit Layanan Pelanggan (ULP) yang dulunya disebut sebagai Rayon.

Program CCS tersebut dikabarkan akan dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2020 ini. “Dengan adanya program baru tersebut, otomatis merubah struktur organisasi PLN yang ada. Sehingga semakin mengkahwatirkan posisi karyawan yang ada sekarang ini,”ungkap salah seorang peserta Muscablub meski enggan namanya disebutkan.(nn)

Pos terkait