Gerimis Saja, Pasokan Sembako Tersendat ke Galugua

  • Whatsapp

Limapuluh Kota,NNews-– Tidak perlu diguyur hujan lebat, gerimis saja cukup menjadikan Galugua terisolasi. Sebab jalan tanah sepanjang hingga 6 kilometer sama sekali tak bisa dilewati kendaraan bermotor. Sehingga pasokan kebutuhan pokok menjadi tersendat. 

“Kondisi sulitnya mobilisasi angkutan barang ke Galugua, cukup mengkhawatirkan. Sebab jalan sangat sulit dilewati menggunakan kendaraan bermotor. Padahal kebutuhan pokok membutuhkan pasokan dari luar Nagari Galugua. Jika ingin tetap harus ke Galugua, terpaksa harus jalan kaki saat ini(kemarin, red),”ungkap Patria, 38, salag seorang warga Kecamatan Kapur IX, Minggu(2/2) sore. 

Bacaan Lainnya

Jika dari arah pusat Kecamatan Kapur IX di Nagari Muaro Paiti, kendaraan bisa menempuh jalan hingga ke Sungai Dingu, sebuah perhentian sementara yang biasa jadi tempat singgah warga saat melakukan perjalanan Galugua. Jaraknya sekitar 6 kilometer ke Nagari Galugua. 

“Tempat bisa dijangkau kendaraan ini, persisnya satu kilometer menjelang jalur tersulit di Pontianantui yang sama sekali tak bisa dilewati saat becek,”ucap warga yang biasa disapa Papat ini, kemarin.  

Warga yang terjebak dijalan tersebut, harus menginap dulu diwarung satu-satunya di jalan yang ada didalam kawasan hutan dan perkebunan tersebut.”Beruntung saat ini, kedai ada orang yang menungguinya. Sehingga para pengendara yang mengangkut kebutuhan pokok dari pasar Payakumbuh bisa menginap ditempat ini, sampai jalan kering,”ucap Papat.(nn)

Pos terkait