Longsor Hantam Mobil, Jalan Sumbar-Riau Terputus Hampir 4 Jam

  • Whatsapp


Limapuluh Kota, NNews–Longsor hantam satu unit mobil penumpang umum jenis Luxio bernomor polisi BA 1673 RF, di kilometer 153 jalan Sumbar-Riau, tepatnya di Nagari Persiapan Hulu Aie, Sarilamak, Kecamatan Harau, Senin(3/2) sekitar pukul 06.00 WIB. 

Beruntung sopir beserta lima orang penumpang dari arah Padang menuju Pekanbaru, berhasil selamat. Meski mobil yang dikemudikan, Suryadi, 40, sempat diseret material longsor hingga beberapa meter hingga menyangkut pada bagian pengaman dibahu jalan. 

Bacaan Lainnya

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah tanah longsor yang terjadi fi jalan Sumbar-Riau kemarin. Penumpang mobil yang terseret longsor segera dipindahkan ke mobil lainnya untuk melanjutkan perjalanan ke Pekanbaru. Informasi yang berhasil dihimpun, tidak ada korban luka,”ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Joni Amir melalui, Kabid Kedaruratan dan Logistik, Rahmadinol, Senin. 

Sementara material longsor yang membentang sepanjang 20 meter dengan ketinggian 1,5 hingga 5 meter tersebut, menyebabkan akses transportasi di jalan Sumbar-Riau sempat putus total selama hampir 4 jam. Alat berat milik PT KAS membantu pembersihan jalan yang tertimbun longsor. 

Personel Polres Limapuluh Kota yang sudah mengetahui informasi tanah longsor lebih awal, berupaya melakukan koordinasi hingga meminta bantuan alat berat sesegera mungkin melakukan pembersihan.”Koordinasi kita dengan pihak Polres Limapuluh Kota yang sudah lebih awal berada dilokasi, alat berat sudah bekerja, sebelum alat berat Dinas PUPR Limapuluh Kota tiba  di lokasi,”sebut Rahmadinol. 

Akses jalan kembali lancar setelah pembersihan material longsor di badan jalan tuntas sekitar pukul 09.55 WIB. Kendaraan roda dua mendapatkan prioritas utama melewati bekas longsoran hingga disusul kendaraan roda empat dan seterusnya hingga lalu lintas kembali berangsur lancar.

Menurut Rahmadinol, kawasan Hulu Aie yang tak jauh dari Bandrek House hingga Nagari Kotoalam dan Manggilang, sangat rawan longsor. Guyuran hujan sejak awal bulan Februari ini, menjadikan kawasan sepanjang Hulu Aie riskan terhadap longsor. Sehingga butuh kewaspadaan  pengendara yang tengah melintas kawasan ini. 

“Jika intensitas hujan tinggi, pengendara harus lebih hati-hati saat melintas dikawasan sepanjang jalan Sumbar-Riau, Kecamatan Harau hingga Kotoalam dan Manggilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru,”imbau Rahmadinol.(nn

Pos terkait