Huluaia dan Jorong Lainnya Potensial Digabung

  • Whatsapp
Unjuk Rasa : Warga Huluaia, Kecamatan Harau saat menggelar orasi menuntut pemekaran nagari harus terwujud setelah menjadi nagari persiapan, Senin(10/2) awal pekan ini.

Limapuluh Kota, NNews–Tidak hanya Hulu Aia sebenarnya dikawasan tersebut yang memiliki akses jauh kepusat pemerintahan nagari. Sebab ada Jorong Sungai Data dan Landai di Nagari Harau yang letaknya berdekatan dengan Hulu Aie. Kemudian juga ada Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Guguak.

 
Artinya ada tiga jorong di Nagari Harau dan satu jorong dari Nagari Tetangga yang memiliki akses jalan yang sama dan berada dikawasan yang berdekatan. Sehingga sanngat potensial jika digabungkan menjadi satu nagari defenitif. 

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya jika digabungkan dengan tiga jorong lainnya, Landai, Sungai data dan Kototinggi Kubang Balambak, sepertinya  cukup jumlah penduduk untuk satu nagari mandiri,”sebut Iskarmon Basir menjelaskan saat ditanya wartawan. 

Artinya masih ada solusi untuk mencukupkan jumlah penduduk, asalkan semua jorong yang berada dalam kawasan yang sama memiliki kesamaan pandangan untuk menjadi satu nagari mandiri.

“Ini tentunya menjadi salah satu laternatif solusi, tinggal kita menggali kenapa jorong lainnya tidak menyuarakan untuk menjadi nagari mandiri. Jika bergabung tentunya ada kemungkinan untuk bisa memenuhi syarat untuk menjadi nagari mandiri,”ucap anggota DPRD Marsanova Andesra yang turut menyambut warga Hulu Aia di DPRD, kemarin.(nn)

Pos terkait