Menuju Satu Data SP 2020 Segera Dimulai

  • Whatsapp

NNews, Limapuluh Kota,– Menjadikan akurasi data sebagai dasar pembangunan, Badan Pusat Statistik (BPS) segera melakukan sensus penduduk dalam bentuk online dan wawancara. Sensus Online bakal digelar mulai 15 Februari hingga 31 Maret, kemudian akan dilanjutkan dengan sensus penduduk wawancara  1-31 Juli menadatang.

Hal itu diungkapkan Kepala BPS Kabupaten Limapuluh Kota, Heri Sulistiyo usai di Buka Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi saat menggelar Rapat Koordinasi Kabupaten pencanangan sensus penduduk (SP2020) di Auala kantor Bupati, Sarilamak, Kecamatan Harau, Rabu(12/2) pagi.

Bacaan Lainnya

“SP 2020 ini ditujukan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia de facto dan de jure. Kemudian juga menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk dari sisi fertilitas, mortalitas dan migrasi serta karakteristik penduduk lainnya.

“Pada SP tahun 2020 ini kita akan mencatat dengan 21 pertanyaan yang akan diajukan kepada masyarakat terkait variable individu, pekerjaan, pendidikan dan perumahan,”ucap Heri Sulistiyo dihadapan sejumlah Kepala OPD dan camat di Kabupaten Limapuluh Kota.

Kemudian pada tahun 2021 nanti sensus akan lebih rinci dialksanakan dengan 82 pertanyaanmelalui pencacahan sampel. Sebanyak 13 pertanyaan individu, 19 pertanyaan terkait migrasi, 7 pertanyaan terkait pendidikan, 8 pertanyaan terkait kesehatan, 5 pertanyaan terkait  pekerjaan, 14 pertanyaan terkait pekerjaan dan 16 pertanyaan terkait fertilitasdan mortalitas.

“Masyarakat juga bisa melakukan pencatatan dan berpartisipasi dalam sensus online dengan mengisikan data sesuai permintaan di aplikasi sensus penduduk online. Sementara untuk tenaga pencacah sesnsus BPS memiliki sekitar 500 petugas nanti dilapangan untuk SP wawancara,”pungkas Heri Sulistiyo.(m)    

Pos terkait