AKBP Donny Setiawan, Terima Pin Emas Kapolri

  • Whatsapp

Sigap, cekatan dan tegas, tentunya sudah menjadi kepribadian dasar seorang abdi negara di kepolisian. Hanya saja sosok AKBP Dony Setiawan, sedikit berbeda. Kemampuannya bergaul dan berinteraksi dengan kalangan masyarakat menunjukkan keunggulan. Ditambah kepekaannya terhadap persoalan-persoalan yang membutuhkan solusi. Seperti apakah sosok Kapolres teladan ini?

Inovatif, Membumi dan Peduli 

Foto : Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan (paling Kiri) saat usai menerima penghargaan di Mapolda Sumbar, Senin(17/2).

NNews–Payakumbuh

Nama AKBP Dony Setiawan dengan mudah menjadi akrab ditelinga masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh yang menjadi wilayah hukum Polres Payakumbuh.

Bacaan Lainnya

Dikalangan para awak media yang setiap hari berkecimpung dengan informasi, nama AKBP Dony Setiawan makin akrab.

Betapa tidak, Kapolres nan tegas namun humanis ini menunjukkan kepeiawaiannya bergaul dan kepekaannya terhadap masalah sosialmenjadi bukti nyata.

Bahkan ikut berlumpur turun langsung mengayunkan cangkul ketika bencana longsor menerpa warga, tak sungkan dikerjakannya.

Belum lagi saat turut membersihkan sampah di aliran sungai Batang Agam, Kota Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan juga mampu memberikan bukti nyata pengabdiannya.

Seakan menunjukkan kesetiaan sebagai abdi negara tak sebatas dibelakang meja.

Meski baru digabungkan dalam Tim Media Polres Payakumbuh baru-baru ini, teman-teman pewarta sudah bisa melihat keseharian AKBP Dony Setiawan bergaul dengan wartawan.

Sepertinya itulah yang membuat AKBP Dony Setiawan menjadi seorang teladan dimata teman hingga atasan.

Wajar saja Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan terima penghargaan Pin Emas dan Piagam dari Kapolri dengan terpilihnya sebagai Juara 1 Tingkat Polda dalam pemilihan Polisi Teladan, Role Model sebagai Penggerak Revolusi Mental Dan Pendorong Tertib Sosial di Ruang Publik.

Piagam penghargaan Kapolri dalam bentuk Pin Emas dan Piagam tersebut ditetapkan berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor : Kep/1764/IX/2019 tanggal 26 September 2019 dan ditandatangani Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, diserahkan Kapolda Sumbar Irjen Pol Tony Harmanto  pada upacara bulanan Senin (17/2) di halaman Polda Sumbar.

Selain kepada AKBP Dony Setiawan yang kini menjabat sebagai Kapolres Payakumbuh sebagai juara I, penghargaan juga diberikan kepada juara II Kompol Yusep Dwi Prasetya, Kasubag Selek Dalpers Biro SDM Polda Sumbar dan juara III AKBP Cepi Noval Kapolres Pesisir Selatan.

“Penghargaan ini adalah karya seluruh personel Polres Solok Kota. Kami hanya mewakili saja menerimanya. Kami bersyukur dan akan menjaga amanah ini sebaik-baiknya,” ungkap AKBP Dony tetap membanggakan personel polisi lainnya sebagai penopang prestasi.

Tentunya tidak hanya di Polres Solok Kota, AKBP Dony juga telah terlihat menularkan keteladannya di Polres Payakumbuh. Buktinya aplikasi Polisiku yang diluncurkan.

Selain itu tentunya, perilaku seorang pimpinan yang bersahaja sudah ditunjukkan AKBP Dony Setiawan  dalam kesehariannya.

Tidak lupa Kapolres Payakumbuh ini mengucapkan terima kasih atas dukungan, dedikasi dan pengorbanan seluruh personel Polres Solok Kota, motivasi dan teladan dari Kapolda Sumbar, serta dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

“Semoga penghargaan ini akan lebih motivasi untuk terus berkarya memberikan pengabdian yang terbaik untuk masyarkat,” sambung Dony.

Sewaktu AKBP Dony Setiawan menjabat Kapolres Solok Kota aktif dalam berinovasi khususnya untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang berkaitan dengan kepolisian, seperti menyediakan pelayanan yang terintegrasi melalui aplikasi (SKCK, SIM, SPKT Mobile).

Terobosan tersebut akhirnya membuahkan hasil, Polres Solok Kota dibawah pimpinan AKBP Dony Setiawan saat itu mendapat predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) tahun 2018, hingga predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

Atas keberhasilannya tersebut, pimpinan Polri baik di tingkat Polda, Kapolda Sumbar dan tingkat Mabes Polri, Kapolri memberikan penghargaan kepada AKBP Dony Setiawan.
   
“Khususnya dari kami jajaran Pejabat Utama Polda Sumbar terus komit di samping memberikan punishment dan juga reward. Kita terus memberikan semangat kepada anggota yang lain.

Penghargaan-penghargaan ini tentu akan berkontribusi pada kinerja, kemudian meningkatkan karir yang bersangkutan, kita berikan kesempatan nanti untuk mengikuti pendidikan ke jenjang yang lebih baik,”ungkap Kapolda Sumbar, Irjen Pol Tony Harmanto seperti direllis website polrespayakumbuh.org.

Karo SDM Polda Sumbar KBP Hendra Wirawan menuturkan, penghargaan tersebut merupakan tindak lanjut dari penghargaan sebelumnya yang diberikan oleh Kapolda Sumbar berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Nomor : KEP/297/IX/2019, tanggal 11 September 2019 dan ditandatangani Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal.

Karo SDM menambahkan “Pemilihan polisi teladan tingkat Perwira Menengah Polda Sumbar ini merupakan realisasi dari Quick Win Polri dengan program polisi sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik.

Dimana aspek penilaiannya meliputi keteladanan dalam berperilaku, keteladanan bidang prestasi dan kreatifitas dan keteladanan peran kemasyarakatan,”ungkap Karo SDM.(*)

Pos terkait