Limapuluh kota,Nnews— Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak produktif dan tidak bisa menghasilkan pemasukan. Ibu rumah tangga yang kreatif juga bisa berpenghasilan dari menjalankan usaha rumahan. Menjalankan usaha di rumah adalah pilihan yang tepat bagi ibu ibu yang juga sibuk mengurus anak.

“Selain untuk mengisi waktu kita juga bisa berpeluang menambah penghasilan untuk menopang keluarga ucap Gusniati, warga Jorong Tanjung Bungo Nagari Situjuh Gadang. Kabupaten limapuluh kota. “Waktu ditemui pewarta nnews rabu 26 februari 2020 dirumahnya.

“Gusniati dan anaknya zul Meliati sudah sepuluh tahun mengeluti usaha kerupuk ubi (kerupuk bulan). Kebanyakan ubi dibeli kepedaga sekarang harga ubi Rp4000 dan ada juga dari kebun kami sendiri, “saya memerlukan ubi setiap hari sekurang kurangnya 40kg

“Zul Meliati mengatakan hampir seluruh KK dijorong Tanjung Bungo dan sebagian jorong Tanjung Simantung memiliki usaha kerupuk ubi yang dilakoni ibu ibu rumah tangga. Zul Meliati berharap agar ada bantuan untuk pengeringan atau open, kalau ada open pengeringan waktu musin hujan kan tidak susah susah dan kerupuk pun terjamin kebersian,ucapnya.

“Waktu ditanya tentang usaha, apa ini dikelola berkelompok atau koperasi ? ” zul Meliati mengatakan di Jorong kami tidak ada kelompok atau koperasi yang mengeola, dulu pernah tapi kepenggurusnnya tidak bagus lancar dan akhirnya bubar begitu saja, sekarang kami usaha sendiri sendiri ucap zul.

Salah seorang tokoh pemuda Jorong Tanjung Bungo, yang biasa dipanggil “Pajok” mengatakan hal senada, “sangat susah untuk membut kelompok usaha ataupun koperasi di Jorong kami, dulu sudah pernah ditawarkan oleh pemerintah namun tidak terlaksana “karna tidak ada modal, ibu ibu disini butuh uang tiap sore, kalau kerupuk sudah siap lasung dijual dan terima uang lasung.tambahnya. (nn)

loading...