Melirik Geliat BPR Suliki Gunung Mas Ditengah Melambatnya Ekonomi Dunia

  • Whatsapp

Kredit dan Perolehan Laba Mampu Tumbuh Double Digit

Direksi : Direktur Utama PT. BPR Suliki Gunung Mas, Ifwan Rosja (Kanan) dan Direktur, Hendra Kurniawan.

Saat pertumbuhan kredit lembaga keuangan mengalami perlambatan di tahun 2019 hingga skala internasional, namun kondisi berbeda terlihat pada PT. BPR Suliki Gunung Mas yang mampu meningkatkan kredit dan perolehan laba hingga tumbuh double digit. Tidak itu saja ekspansi yang tinggi ini masih mampu dikelola dengan baik. Sehingga memberikan konstribusi positif terhadap perolehan laba akhir tahun 2019.

Bacaan Lainnya

Nagari News–Suliki

Bangunan istimewa PT. BPR Suliki Gunung Mas di sudut Nagari Suliki, Kecamatan Suliki Gunung Mas, tetap beroperasi agar tetap berkontribusi untuk menjaga kestabilan ekonomi masyarakat. Pelayanan dengan protokol kesehatan diterapkan untuk antisipasi dan menjaga agar tetap aman dari penyebaran virus corona atau Covid-19 yang tengah mewabah.

Masyarakat tidak boleh lemah dari sisi apapun, termasuk ekonomi. Sehingga upaya menjaga perekonomian itu, BPR Suliki Gunung Mas tetap bertahan, hingga memacu produktifitas. Pemberian kredit bagi masyarakat sebagai nasabah, BPR Suliki Gunung Mas tetap menjadi andalan.

“ Kegiatan pemberian kredit merupakan sumber pendapatan utama BPR, namun jika tidak dikelola dengan baik dia akan menjadi sumber malapetaka yang utama pula terhadap keberlangsungan hidup BPR itu sendiri. “ ujar Ifwan Rosja, SPt. Direktur Utama PT. BPR Suliki Gunung Mas yang didampingi Direkturnya Hendra Kurniawan, SH. ketika menerima Padang Ekspress di ruang kerjanya beberapa hari yang lalu.

Lebih jauh kedua Direksi ini menyampaikan, walau ekonomi mengalami perlambatan namun manajemen beserta seluruh jajaran terus berjuang keras memacu kinerja sehingga target tahun buku 2019 dapat diwujudkan. Dari audit yang dilakukan oleh kantor Akuntan Publik Drs. Afrizal Sy. Total aset PT. BPR Suliki Gunung Mas tahun 2019 sebesar Rp. 33,28 milyar atau bertumbuh 7,18 % dibandingkan aset tahun 2018 yang sebesar Rp. 31,05 milyar.

Berdasarkan hasil audit juga terlihat bahwa pertumbuhan kinerja aset lebih didominasi oleh pertumbuhan kredit yang mampu disalurkan oleh PT. BPR Suliki Gunung Mas selama tahun buku 2019. Sementara pertumbuhan dana pihak ketiga terlihat sedikit mengalami penurunan dibandingkan dengan 2018 yang lalu.

Sehingga total dana pihak ketiga yang mampu dihimpun sepanjang tahun 2019 sebesar Rp. 23,74 milyar mengalami penurunan 1,34 % dibandingkan dengan tahun 2018 yang sebesar Rp. 24,06 milyar dengan pencapaian target 2019 sebesar 94,47 persen.

Kemudian total tabungan yang bisa dihimpun sebesar Rp. 10,61 milyar atau turun 1,85 % dibandingkan posisi tahun 2018 yang sebesar Rp. 10,81 milyar sedangkan dana deposito yang berhasil dihimpun sebesar Rp. 13,13 milyar atau turun 0,92 % dari tahun 2018 yang sebesar 13,26 milyar.

Kondisi berbeda terlihat pada kegiatan pemberian kredit. Total kredit yang mampu disalurkan selama tahun 2019 sebesar Rp. 29,62 milyar mengalami kenaikan sebesar Rp. 5,95 milyar atau naik 25,14 % jika dibandingkan posisi akhir tahun 2018 yang lalu dengan pencapaian target tahun 2019 sebesar 113,28 persen.

Ekspansi kredit yang berjalan baik berimbas kepada peningkatan pendapatan bunga dimana per akhir Desember 2019 realisasi pendapatan bunga kredit tercapai sebesar Rp. 4,79 milyar atau 100,47 % dari target akhir tahun 2019. Ekspansi kredit tinggi dibarengi dengan kemampuan untuk mengelola kualitas kredit yang diberikan akan berimbas kepada perbaikan perolehan laba usaha.

Kehati-hatian manajemen dalam mengelola resiko kredit berbuah dengan peningkatan perolehan laba yang juga double digit. “Laba bersih usaha berhasil ditingkatkan dari Rp. 614 juta pada tahun 2018 menjadi Rp. 791 juta pada tahun 2019 atau bertumbuh secara year on year sebesar 28,84 % “ ucap Ifwan Rosja.

Data yang berhasil dihimpun nagari-news.com, PT. BPR Suliki Gunung Mas merupakan salah satu dari sekian banyak BPR kelompok Bank Nagari dan tergolong kepada BPR yang mempunyai kinerja dengan predikat relatif bagus. Ini terbukti sampai dengan tahun 2019, BPR ini telah 4 (empat) kali berturut-turut mendapatkan penghargaan Infobank Awards dengan predikat Sangat Bagus.

“ Kami mewakili manajemen menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu atas semua dukungan, partisipasi , kerja sama, dedikasi dan sumbangan baik materil maupun inmateril, bimbingan serta pembinaan yang telah diberikan sehingga PT. BPR Suliki Gunung Mas dapat mencapai seperti adanya saat ini,”ucap dua orang di jajaran Direksi PT. BPR Suliki Gunung Mas ini.

Ifwan Rosja dan Hendra Kurniawan berharap, semoga Allah SWT meridhoi semua niat ikhlas dan usaha berbagai pihak untuk eksistensi BPR Suliki Gunung Mas. “Sehingga PT. BPR Suliki Gunung Mas tetap solid dan berkelanjutan dari masa ke masa. “ harap Direktur Utama dan Direktur BPR Suliki menutup perbincangan dengan pewarta nagari-news.com.(***)

Iklan : "Gambar Tampil Berdasarkan History Anda di Google"
loading…

Pos terkait