Nagari Lakukan Karantina Kewilayahan

  • Whatsapp
Salah satu posko Relawan Nagari Lawan Covid-19 di Jorong Tj.Haro Utara (Foto : tim relawan covid-19 Nagari)

Limapuluh Kota, NNews--Upaya pencegahan dan memaksimalkan memutus mata rantai penyebaran covid-19, Tim Relawan Melawan Covid- Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, lakukan karantina wilayah. Artinya membatasi pergerakan warga yang keluar masuk nagari.

Keputusan yang ditulis dispanduk Lokal Lock Down tersebut merupakan hasil kesepakatan rapat Tim Relawan Nagari Lawan COVID-19 Nagari Tjanjuang Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang, 3 April 2020 bahwa Nagari kita akan melaksanakan karantina lokal.

Bacaan Lainnya

“Ini artinya akses keluar masuk ke dan dari Nagari akan dibatasi dengan kata lain bukan di tutup 100 persen. Namun tujuannya untuk cegah penularan covid 19 atau virus corona,”ucap Penjabat (Pj) Wali Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu, Trisna, Senin(13/4).

“Lokal Lockdown atau karantina lokal ini diharapkan sebagai upaya pemutusan penyebaran Covid-19, kemudian kita bisa memantau arus keluar masuk masyarakat ke nagari dan memantau masyarakat yang datang atau pulang dari daerah terjangkit,” tambahnya.

Karantina Lokal sendiri hanya menerapkan sistem pembatasan pergerakan orang demi kepentingan kesehatan. Tim Relawan sudah mulai mendirikan posko di setiap titik masuk ke Nagari

Posko tersebut didirikan disejumlah perbatasan nagari, seperti di Jorong Bukik Kanduang – Batas Kota Payakumbuh. Kemudian di Jorong Padang Panjang – Batas Kota Payakumbuh, posko Jorong Tj.Haro Utara – Batas Kota Payakumbuh.

Selain itu juga ada posko di Jorong Tj.Haro Selatan yang berada di Padang Laweh perbatasan Nagari Sungai Kamuyang. Selanjutnya di Jorong Sikabu-kabu, persisnya Talang yang berbatasan dengan Jorong Madang Kadok, Nagari Sungai Kamuyang dan batas Nagari Situjuah Gadang, Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

Posko Utama Tim Relawan Nagari Lawan Covid-19 (foto : Tim Relawan Covid-19 Nagari)

“Posko akan dijaga oleh Tim Relawan Nagari Lawan Covid-19 Nagari dan dibantu oleh seluruh Masyarakat Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang,”ungkap Pj Walnag yang langsung Ketua Tim Relawan.(nn)

#Iklan tampil berdasarkan history pencarian anda di google
loading…

Pos terkait