Nyamuk Merebak Resahkan Warga

  • Whatsapp
Basmi : Sejumlah pemuda membasmi sarang nyamuk dengan membersihkan tempat penampung getah pinus.

Limapuluh Kota, NNews–Kian banyaknya nyamuk didalam hutan pinus, meresahkan warga di Talang, Jorong Sikabu-kabu, Nagari Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota. Pasalnya nyamuk sudah mulai menyerang hingga kepemukiman masyarakat disekitar hutan pinus.

Informasi masyarakat sekitar, merebaknya nyamuk diduga akibat penampung getah pinus digenangi air hingga menjadi sumber perkembang biakan. Sebab sejak beberapa bulan terakhir, getah pinus tidak lagi disadap. Sementara penampung getah masih tetap berada disetiap pangkal pohon, hingga menjadi sarang nyamuk.

Bacaan Lainnya

“Pemuda bersama masyarakat lainnya melakukan upaya pemusnahan tenpurung kelapa yang dijadikan penampung getah. Sebab diduga itulah yang menjadi sarang dan berkembang biaknya nyamuk,” ungkap Arif salah seorang warga kepada NNews, Rabu(15/4).

Warga lainnya, Peri Ipet, yang ikut mebasmi sarang nyamuk waktu ditemui pewarta nnews mengatakan, nyamuk sangat banyak sekali didalam hutan pinus.”Kita harus musnahkan sarangnya, kita khawatir nanti nyamuk berdampak bagi kesehatan masyarakat,”ucap Ipet.

Sementara, Kepala Jorong Sikabu-kabu, Alfitra membenarkan sumber yang diduga sarang nyamuk dimusnahkan.”Kami rasa tidak cukup hanya dengan membasmi sarang nyamuk tersebut dilakukan dalam 1 hari, hendaknya dilaksanakan kembali kegiatan tersebut dan akan lebih baik jika kita lakukan langkah berikutnya yaitu dengan melakukan pengasapan untuk membasmi nyamuk tersebut, kita akan coba koordinasi dengan dinas kesehatan,”ucap Alfitra.

Salah seorang tokoh masyarakat mengapresiasi kegiatan membasmi sarang nyamuk yang di inisiasi pemuda. “Kegiatan seperti ini perlu dilakukan agar tidak terjadi gangguan kesehatan masyarakat akibat nyamuk,”harap Man.(mjd)

#Iklan tampil berdasarkan history pencarian anda di google
loading…

Pos terkait