Sulit Dilewati, Warga Minta Jalan Terban Batas Kabupaten Segera Diperbaiki

  • Whatsapp
Terban : Jalan batas Limapuluh Kota dengan Kota Payakumbuh di Jorong Padang Panjang Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, Kecamatan Luak, terban.
Foto : Depi Sospita for NNews

Limapuluh Kota, NNews–Jalan batas Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh di Jorong Padang Panjang, Nagari Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Panjang, Kecamatan Luak, terban. Segingga sulit dilewati kendaraan, terutama kendaraan roda empat. Warga berharap kerusakan segera diperbaiki.

Jalan yang merupakan akses utama warga Jorong Padang Panjang menuju Kota Payakumbuh itu, sudah rusak sejak beberapa pekan terakhir. Namun hingga saat ini belum kunjung diperbaiki. Sehingga membuat warga kesulitan.

Bacaan Lainnya

Selain itu, kondisi jalan yang terban akibat gorong-gorong pecah dibagian bawah lapisan aspal, membuat aliran irigasi untuk pengairan sawah masyarakat tersumbat. Alhasil, selain kerusakan jalan sulit dilewati dan beresiko bagi pengguna jalan, petani juga sangat terganggu akibat pengairan sawah terganggu.

“Kita berharap kerusakan yang tidak terlalu besar ini diperbaiki, sebab danpaknya selain sebagai akses utama menuju Kota Payakumbuh, juga mengganggu irigasi untuk sawah petani. Semoga harapan masyarakat ini, segera ditindak lanjuti pemerintah,”harap Devi Sospita, salah seorang warga dan tokoh muda Nagari Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Panjang ini, Sabtu(18/4/2020).

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang( PUPR) Kabupaten Limapuluh Kota, Rilza Hanif mengatakan sudah melihat secara langsung kondisi jalan yang rusak tersebut. Hanya saja belum bisa memastikan kapan akan dilakukan perbaikan. Berkaitan dengan kondisi covid-19, PUPR masih menyesuaikan anggaran.

“Jalan yang rusak itu sudah kita survey, kita menunggu anggaran,”ungkap Kabid Bina Marga, Rilza Hanif kepada pewarta melalui pesan WhatsAap nya, Sabtu(17/4/20) siang.

Informasi kerusakan jalan yang telah membuat masyarakat resah sejal beberapa pekan terakhir itu, juga sudah sampai ke Kepala Dinas PUPR Limapuluh Kota, Yunire Yunirman. Menurut orang nomor satu di pekerjaan umum Limapuluh Kota ini, akan segera ditindak lanjuti. Tahun ini ada perbaikan gorong-gorong disana,”tulis Yunire menjelaskan.(nn)

Pos terkait