KETIKA PENYAIR ROHMANTIK LIVE STREAMING DI AKUN INSTAGRAM

  • Whatsapp
Foto : https://www.facebook.com/penyairi

Kumpulan Puisi Rohmantik

Hari ini tepatlah setahun lahirya kumpulan puisi Rohmantik, sebuah kitab puisi tunggal pertama Penyair Irman Syah yang diterbitkan oleh penerbit JBS Yogyakarta, April 2019. Kumpulan puisi yang merupakan abstraksi dan kesaksian dari perjalanan karya ini memang merupakan citraan berupa garis ingatan kehidupan yang dialami penyairnya.

Kesemua itu dia kristalkan ke dalam Bahasa personal kepenyairan yang sarat dipengaruhi budaya tutur yang memang telah mendarah-daging dalam keseharian. Kekuatan diplomasi yang dimiliki masyarakat Minangkabau yang memang dipelihara alam, tradisi dan budaya tetap menjadi rumah siput bagi alam lapang karya akan pandangan dunianya.

Bacaan Lainnya

Perjalanan Karya

Semua puisi yang termaktub di dalam Kitab Rohmantik ini pada umumnya telah dipanggungkan oleh penyairnya yang memang Street Poet; baik di jalanan, taman kota, destinasi wisata, komunitas, pinggir kali, gang-gang kota, bus, penjara, panti jompo, bus dan pesawat terbang Jakarta-Surabaya. Barulah selepas itu karya ini dibukukan.

Pertama kali buku ini diluncurkan, penyair Irman Syah memilih Sumatera Barat dan rencananya akan tour rohmantik ke berbagai kota lain di Indonesia, seperti; Medan, Jakarta, Jogja dan Bali. Dikarenakan situasi yang tidak memungkinkan, maka perhelatan buku rohmantik, baik diskusi maupun Rohmantik Performance terhenti di Sumatera Barat.

Tepat pada 22 April – 5 Maret, Kitab Puisi Irman Syah ini baru tuntas dilaksanakan di Payakumbuh di dua tempat, yakni Komunitas Intro dan Lawang Café. Selanjutnya Kayutatanam, tempat dimana Penyair Irman Syah pernah mengabdi selama 5 setengah tahun sebagai Pendidik di SMA Plus INS Kayutanam. Kemudian di Padang yang antara lain, Kedai Teroka, FIB Unand dan Kubik Koffie Padang.

LiVE Instagram 19 April Pukul 21.00

Atas gagasan penerbit Jual Buku Sastra, penyair Irman Syah pun menyambut hangat tawaran untuk Live IG @jualbukusastra dan @rohmantik dengan tema; ‘Ngobrol Buku Rohmantik, Kitab Puisi Irman Syah. Di sini akan ada Pembacaan puisi rohmantik oleh Irmn Syah pada awal dan penutupnya. Ditengahnya akan ada pembicaraan karya dan proses kreatif karya.

“Semoga saja acara ini dapat menyambung silaturrahmi dan memperdekat jarak diantara kita. Bukankah dengan mengupas dan mendiskusikan proses kreatif ini dapat mem buat para penulis muda terpancing dalam menghasilkan karya ysng bekualitas.” Ungkap Irman Syah menutup pembicaraan. (mjd)

Baca Juga :

#Iklan tampil berdasarkan history pencarian anda di google
loading…

Pos terkait