Ini Camilan Minangkabau yang Miliki Nama Hampir Sama di Malaysia

  • Whatsapp
Foto: Chairulaming

Malaysia, NNews–Makanan khas yang bisa ditemui di warung-warung kopi dan penjual kue-kue basah, ‘godok’ pisang, bukan hal yang aneh di daerah Sumatera Barat. Selain rasanya yang enak, membuatnyapun begitu mudah. Tidak sesulit mengaduk busa ‘Dalgona Coffee’, si Minuman trendi dari Korea yang sedang Viral.
Dengan mencampur tepung dengan pisang yang dihancurkan serta menambah gula dan sedikit garam, godok pisang siap digoreng dan dihidangkan hangat-hangat. Bentuknya yang coklat tua keemasan disirami sedikit karamel atau menaburinya dengan gula halus, tentunya akan menambah cantik rupanya.

Ternyata, santapan kecil ini memiliki nama yang hampir sama di negeri jiran Malaysia. Dilihat dari salah satu akun instagram vlogger asal Malaysia, khairulaming, ia membagikan resep mudah membuat godok pisang. Adapun ia menyebutnya dengan ‘Cekodok Pisang’. Di beberapa daerah di Indonesia sebenarnya sebagian orang juga menyebutnya dengan cekodok pisang, kue godok pisang atau godok-godok pisang.

Bacaan Lainnya

Video berdurasi singkat yang diunggah pada 21 Agustus 2019 ini, sudah ditonton oleh dua juta lebih manusia. Di samping membagikan resep cekodok pisang, Khairul Aming juga membagikan banyak resep mudah lainnya yang dapat dipraktekkan kalangan muda dan tua. Seperti video singkat terbarunya untuk resep hari pertama puasa Ramadhan, membuat bubur sumsum ala rumahan yang di negeri Malaysia dinamakan Air Sagu Gula Melaka.
Penyajian video masakan dengan campuran khas bahasa Melayu dan bahasa Inggris yang kental dengan sesekali guyonan menambah keunikan yang seakan menarik kita untuk menonton video-video singkat lainnya yang tersedia di akun tersebut.

Memang bukan hal yang baru antara Indonesia khususnya wilayah timur Sumatera seperti Sumatera Barat dan Riau dan Malaysia yang sama-sama merupakan wilayah semenanjung Melayu menyadur bahasa yang hampir sama satu sama lain. (dnh)

Sumber:

  1. Akun instagram khairulaming https://instagram.com/khairulaming?igshid=lwjfn66jav
  2. Tracing the Malays in the Malay Land https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042816300714
  3. Dapur Fancy Episode 2: Cekodok Pisang https://www.instagram.com/p/B1aaw0zFOIb/?igshid=kvn5wlrmp9e8

Pos terkait