Ini Kata Pengurus IP3 Soal Penutupan Pasar Payakumbuh

  • Whatsapp
Wakil Ketua IP3 : Yusra Maiza
Foto : Dok Pribadi (foto diambil sebelum Pandemi Covid-19)

Payakumbuh, NNews–Sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kota Payakumbuh, Ikatan Pedagang Pasar Payakumbuh (IP3), sepakat mengajukan permohonan yang disetujui pengurus dan pedagang kepada Wali Kota, Riza Falepi selaku Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Payakumbuh untuk melakukan penyemprotan disinfektan sekaligus membuat edaran penutupan pasar sementara waktu.

Kendati secara teknis masih ada pedagang yang minta waktu untuk pemunduran waktu dimulai penutupan, namun secara prinsip pedagang yang tergabung dalam IP3 sepakat penutupan pasar sebagai upaya optimal memutus mata rantai penularan virus Korona atau Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19).

Bacaan Lainnya

“Benar, kita mengajukan permohonan kepada Pemko agar menutup pasar, kita menyerahkan kepada Pemda bagaimana yang terbaiknya, karena kita tidak ingin Korona menyebar lebih jauh di area pasar, untuk sementara lebih baik ditutup selama seminggu kedepan,” kata Yusra Maiza, Wakil Ketua IP3.

Dijelaskan Yusra Maiza, penutupan pasar ini dilakukan setelah adanya 6 pelaku pasar (warga dan pedagang) yang ditemukan positif Corona, mereka semua diduga satu klaster dengan pasien positif pertama.

Permohonan : Surat Permohonan IP3 yang ditanda tangani pengurus IP3 Yusra Maiza dan Amdoni serta Pedagang pasar Payakumbuh.
Foto : Yusra Maiza for NNews

Meski keputusan ini bakal memicu pro kontra di lingkungan pedagang, Yusra Maiza menegaskan bila terjadi protes dari pedagang terhadap keputusan ini, maka sifatnya protes secara prrsonal. Artinya bukan dari pengurus IP3.

“Saat ini murni pertimbangan bersama, kita tidak ingin menjelang lebaran Corona semakin menyebar, di awal-awal kita memutusnya dan nantinya harapan kita di minggu terakhir Ramadhan, kita bisa belanja dengan bebas tanpa ada Corona di lingkungan pasar,” kata Yusra Maiza.

Meski secara organisasi IP3 sudah disepakati untuk penutupan pasar Payakumbuh untuk sementara waktu. Namun kata Yusra Maiza, alasan-alasan yang dikemukakan para sejumlah pedagang lainnya tetap akan menjadi bahan pertimbangan. “Hanya saja tentu akan disikapi secara teknis bersama Pemko Payakumbuh nantinya,”ungkap Yusra Maiza yang dihubungi via telepon genggamnya, Minggu(3/5) malam.

Sebelumnya Pemko Payakumbuh dalam Vicon bersama wartawan Minggu siang menyatakan akan melakukan penutupan pasar, diantaranya mulai dari Eks. Bioskop Kencana-Kawasan Toko Emas Tinggi (Kawasan/deretan toko Mas Asia), Deretan Es Tebak Pak Bahar, Jalan A. Yani, seputaran Toko Mas Rambuti, Seputaran Soto Che, Pasar Buah-buahan dekat Pos Polisi. Untuk pedagang buah dipindahkan ke Pasar Tradisional Ibuah.(nn)

Pos terkait