Kontak Positif C-19 Pertama Liko Segera Diperiksa

  • Whatsapp
foto : Ilustrasi google.com

Limapuluh Kota, Padek–Masyarakat yang memiliki kontak dengan warga positif Covid-19 (C-19) akan segera diperiksa. Terutama yang berada di Nagari Manggilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Limapuluh Kota, Sumbar yang menjadi tempat tinggal warga terkonfirmasi positif C-19 tersebut.

Pernyataan itu dikemukakan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, Tien Septino usai Vicon bersama wartawan, Sabtu(9/5) siang.

Bacaan Lainnya

“Bagi masyarakat yang kontak dengan warga berinisial, Y, yang dinyatakan positif C-19 itu akan segera diperiksa besok, Minggu(10/5), mulai dari kontak erat enam orang anggota keluarga dan riwayat kontak lainnya,”ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Limapuluh Kota, Tien, Sabtu.

Terkait kelengkapan alat pelindung diri (APD) dan petugas yang akan melakukan pemeriksaan, Dinas Kesehatan sudah mempersiapkan dengan baik, sesuai protokol kesehatan dan standar keamanan tinggi.

“APD kita sudah lengkap untuk petugas, insya Allah kita siap untuk APD bagi petugas yang ada dilapangan,”ucap Tien Septino sambil menunjuk sederet APD yang tepat berada dibelakangnya berdiri usai Vicon.

Begitu juga dengan petugas peneriksa juga sudah dilatih serta disediakan enam bok untuk pemeriksaan yang akan ditempatkan didaerah yang jauh dari RSUD Achmad Darwis.

“Tanggal 27 April lalu, kita sudah latih sebanya 12 orang petugas pemeriksa untuk SWAB atau cairan tenggorokan dan hidung. Petugas juga tidak sembarangan, artinya mereka yang berusia muda, tidak memiliki riwayat penyakit dan tidak memiliki bayi,”terang Kadiskes lagi.(nn)

Pos terkait