Pelacakan Kontak Positif Pertama C-19 Liko Bakal Panjang, Ini Informasi Gugus Tugas

  • Whatsapp
Positif C-19 : Tak dihadiri Ketua, Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Limapuluh Kota gelar Vicon umumkan satu orang positif warga Limapuluh Kota.
Foto : Humas Pemkab Liko

Limapuluh Kota, NNews–Salah seorang warga Kecamatan Pangkalan Koto Baru yang dinyatakan warga positif pertama Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Limapuluh Kota (Liko), dikabarkan kontak dengan jamaah masjid.

Tentunya, akan menjadi daftar panjang pelacakan atau tracing yang akan dilakukan Tim Gugus Tugas Covid-19 (C-19). Artinya potensi penularan akan lebih luas, jika kontak dengan individu lainnya cukup banyak. Terlebih lagi jika benar kontak saat berada ditengah-tengah jamaah masjid.

Bacaan Lainnya

Informasi tersebut dibenarkan Tim Gugus Tugas C-19 Limapuluh Kota Kepala Pusdalops, Joni Amir ketika dikonfirmasi pewarta, Sabtu(9/5).”Informasinya memang seperti itu, sebab warga positif tersebut baru diketahui, kan baru pukul 10.00 WIB siang tadi (Sabtu,red). Jadi pengawasan bagi yang bersangkutan mungkin longgar oleh aparat jorong , nagari maupun kecamatan,”terang Joni Amir yang juga Kepala BPBD Kabupaten Limapuluh Kota ini, Sabtu sore.

Sebelumnya Tim Gugus Tugas C-19 Limapuluh Kota melakukan video confrence (vicon) menyebutkan, warga berinisial,Y, 50, warga asal Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Limapuluh Kota, Sumbar dinyatakan positif. “Diduga, penularannya masih dari klaster Pasar Payakumbuh,” kata Kadis Kesehatan Tien Soeptino, dalam video teleconfrence didampingi Kadiskominfo, Fery Chofa dan Kabag Humas, Hendra, Sabtu(9/5) siang.

Perihal lelaki berinisial, Y, tersebut dalam vicon dengan kualitas yang kurang bagus itu, juga terdengar sepintas informasi yang tidak jelas,”Sebelumnya warga positif C-19 asal Pangkalan Koto Baru ini, informasinya sempat shalat berjamaah bersama warga lainnya. Itu kabarnya,” sebut Tien.

Dia menghimbau kepada masyarakat yang pernah kontak dengan “Y”, untuk melapor ke puskesmas. “Kita akan tracking,” sambung dia.

Begitu juga dengan Wakil Bupati Limapuluh Ferizal Ridwan, sejak jumat malam hingga Sabtu siang, terus berupaya mencari data informasi perihal warganya positif. Malah Wabup datang langsung ke RSUD Suliki dini hari, kemarin.

“Warga positif C-19 inisial Y itu sempat shalat Jumat berjamaah kemarin,” kata Ferizal.

Warga Pangkalan Koto Baru yang terkonfirmasi positif C-19 itu, diketahui bekerja atau sebagai penyedia jasa sebagai mekanik disalah satu toko elektronik di Kota Payakumbuh. Pemilik toko tersebut, juga diketahui Positif Covid-19 yang telah diumumkan Tim Gugus Tugas Penanggulangan C-19 Kota Payakumbuh.(nn)

Pos terkait