Sempat Simpang Siur, Ternyata Segini Positif Covid-19 Limapuluh Kota Terbaru

  • Whatsapp
Foto : Ilustrasi google.com

Limapuluh Kota, NNews–Sempat simpang siur, ternyata jumlah warga Limapuluh Kota yang positif Covid-19 sebanyak 5 orang. Sebab ada diantaranya warga Limapuluh Kota yang tercatat melakukan tes SWAB berdasarkan rujukan Pemko Kota Payakumbuh.

Berdasarkan informasi yang dirangkum pewarta nagari-news.com, warga Limapuluh Kota yang diumumkan positif Covid-19 oleh tim gugus tugas berinisial, Y, berjenis kelamin laki-laki asal Nagari Manggilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Orang ini dicatat tim gugus tugas merupakan orang pertama positif Covid-19 Limapuluh Kota.

Bacaan Lainnya

Kemudian pasien kedua,Pedagang jeruk asal Jorong Balai Tolang, Kecamatan Guguak berinisial, E, menjadi warga kedua yang positif Covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota. Diduga terpapar dari positif pertama Kota Payakumbuh saat membeli jeruk miliknya sekitar tanggal 22 April lalu.

Satu lagi pasien berinisial, D, yang sempat terjadi perbedaan informasi ini, diketahui warga Taeh, Kecamatan Payakumbuh. Sementara tim gugus tugas belum sempat mengumumkannya. Sebab SWAB nya dilakukan Pemko Payakumbuh. Sementara KTP nya Kabupaten Limapuluh Kota.

“Memang kita akui terjadi perbedaan informasi, namun setelah kita telusuri ternyata SWAB warga Taeh ini dilakukan dibawah koordinas Kota Payakumbuh. Padahal merupakan warga Kabupaten Limapuluh Kota,”ungkap Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Limapuluh Kota, Joni Amir, kepada pewarta, Minggu(10/5).

Selanjutnya, selain tiga orang warga Limapuluh Kota yang dinyatakan sebagai positif Covid-19 tersebut, ternyata dua orang warga lainnya yang termasuk kedalam data 13 orang positif Covid-19 Kota Payakumbuh, juga merupakan warga Kabupaten Limapuluh Kota.

Sehingga disimpulkan, warga Limapuluh Kota yang positif Covid-19 berdasarkan data-data yang berhasil dirangkum pewarta berjumlah sebanyak 5 orang hingga, Minggu(10/5).

Hal itu juga ditegaskan Jasman Rizal, juru bicara Satgas Covid-19 Sumbar yang juga Kepala Biro Humas Pemprov kepada sejumlah media, Minggu.

Sehingga Kota Payakumbuh yang semula warganya tercatat 13 orang positif covid-19, dengan demikian menjadi 11 orang dan otomatis Kabupaten Limapuluh Kota bertambah catatan warganya terkonfirmasi menjadi 2 orang lagi.

Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan membenarkan sempat terjadi perbedaan informasi. Namun Wabup yang biasa disapa Buya ini membenarkan data terakhir positif Covid-19 Limapuluh Kota sebanyak 5 orang.” Kendati dalam penanganan awal dibawah koordinasi daerah yang berbeda, kita berharap untuk persoalan kemanusiaan ini, data yang harus menjadi acuan sebaiknya KTP dan domisili. Sehingga bisa menjadi pedoman melakukan pelacakan untuk memutus mata rantai penyebaran,” harap Buya.(nn)

Pos terkait