Pelanggar PSBB Bisa Dikenakan Tindak Pidana Kekarantinaan

  • Whatsapp
PSBB : Bagi pelanggar PSBB akan dikenakan sanksi tegas, mulai dari pernyataan hingga bisa dipidana.
Foto : Humas Polres Payakumbuh

Payakumbuh, NNews–Masih saja bandel dan tidak mematuhi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bisa dikenakan tindak pidana kekarantinaan seperti diatur UU RI No.6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Pelanggar bisa diancam dengan hukuman kurungan satu tahun penjara.

Hal itu ditegaskan kembali Kapolres Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan yang sejak empat hari terakhir bersama TNI dan Pemko Payakumbuh intensif melakukan penertiban dan penjaringan terhadap warga yang melanggar PSBB.

Bacaan Lainnya

“Terhadap pelaku kami amankan di Polres atau Polsek jajaran, lalu dilakukan pemeriksaan dengan sangkaan tindak pidana di bidang kekarantinaan sebagaimana diatur dalam pasal 93 Jo Pasal 15 ayat 2 huruf b, UU RI No.6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dengan ancaman penjara paling lama 1 tahun atau denda paling banyak 100 juta rupiah,”tegas Kapolres Dony Setiawan, Senin(11/5) malam.

Dalam pasal tersebut, kata AKBP Dony dinyatakan, bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) merupakan salah satu tindakan kekarantinaan kesehatan selain karantina, isolasi, disinfeksi dan lain-lain, yang apabila tidak dipatuhi atau dihalang-halangi dapat diancam pidana. “Sedangkan ketentuan PSBB yang dilanggar kita mengacu kepada Instruksi Walikota Payakumbuh tentang PSBB“, ujar Kapolres.(nn)

Pos terkait