Dua Orang Warga Manggilang Positif Covid-19 Diduga Transmisi Lokal

  • Whatsapp
Positif C-19 : Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Fery Chofa umumkan positif Covid-19 Limapuluh Kota ke 7 dan 8.

Limapuluh Kota, NNews– Kasus positif Covid-19 Limapuluh Kota kembali bertambah, dua orang warga Nagari Manggilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru menjadikan daftar positif Covid-19 Limapuluh Kota menjadi 8 orang. Diduga sudah terjadi transimisi lokal atau penularan antar masyarakat di nagari.

Positif Covid-19, 7 dan 8 merupakan warga Nagari Manggilang yang dinilai kontak erat dengan pasien 1, Limapuluh Kota. Sebab salah satunya yaitu positif 7 merupakan istri positif 1 dan satunya lagi positif 8 merupakan pekerja yang biasa bekerja dirumah positif 1 dan 7 tersebut.

Bacaan Lainnya

Warga postif 7 merupakan perempuan berinisial, M, berusia 57, akan melakukan isolasi di BPSDM Padang Besi, Kota Padang, Sumatera Barat. Sementara warga yang dikonfirmasi positif ke 8 adalah F, wanita berusia 43 tahun yang biasa diminta bantu menyetrika pakaian keluarga positif pertama.

“Saat ini kita telah melakukan pelacakan terhadap kontak erat warga Limapuluh Kota yang positif. Sebanyak 37 sampel SWAB sudah dikirim dan keluar hasilnya. Hasil itulah 2 diantaranya dinyatakan positif, 5 dinyatakan meragukan, sementara 30 lainnya dinyatakan negatif,”ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Limapuluh Kota, Fery Chofa dalam siaran persnya, Kamis(14/5) sore.

Selanjutnya dijelaskan Jubir Gugus Tugas yang juga Kepala Diskominfo Limapuluh Kota ini, rincian pengiriman sampel tersebut, 13 sampel diambil di Nagari Manggilang dengan keterangan, 2 Positif, 3 Inkonklusif atau meragukan dan 8 dinyatakan negatif.

“Sementara sampel lainnya, 4 dari Balai Tolang, Nagari Guguak VIII Koto yang terdapat salah seorang yang terkonfirmasi positif sebelumnya. Selebihnya sampel yang dikirim merupakan hasil pelacakan dari pasien positif lainnya,”sebut Fery Chofa.

Saat ini, Tim Gugus Tugas juga tengah melakukan pelacakan terhadap kontak erat positif 7 dan 8. Selanjutnya akan dikirim sampel untuk diperiksa SWAB nya.”Ketua Gugus Tugas, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengingatkan agar warga disekitar daerah terkonfirmasi positif agar terus membangun solidaritas dan kepedulian serta menjaga agar tetap memutus mata rantai penularan dengan jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, tetap dirumah dan jika terpaksa keluar rumah selalu memakai masker,”terang Fery Chofa.(nn)

Pos terkait