Bantuan C-19 Capai 70 Ribu Keluarga di Limapuluh Kota, Kuota BLT Kabupaten Direncanakan Segini

  • Whatsapp
Terdampak : Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi bersama Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Sri Wibowo, Dandim 0306/ 50 Kota, Letkol Kav Ferry Lahe memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di kantor Camat Harau, Rabu(20/5).

Limapuluh Kota, NNews–Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melaunching penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat terdampak Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota yang disalurkan melalui PT. Pos Cabang Payakumbuh di Kantor Camat Harau, Rabu (20/05)

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dihadapan masyarakat penerima bantuan seperti direllis facebook Liimapuluhkotakab Oke menyampaikan, bahwa BLT yang diberikan kepada masyarakat sebesar 600.000 / bulan/ KPM. Mudah-mudahan dapat sedikit meringankan beban ekonomi masyarakat saat ini.

Bacaan Lainnya

“Namun diingatkan kepada masyarakat, bila terjadi penerimaan ganda karena kekeliruan data, dihimbau kepada masyarakat untuk tidak menerima dan segera melaporkannya kepada petugas sehingga dapat disalurkan kepada masyarakat lain yang membutuhkan, agar tercipta rasa keadilan”, ucap Bupati.

Sejauh ini total keluarga penerima bantuan di Kabupaten Lima Puluh Kota baik dari kementerian sosial, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan dana desa mencapai lebih kurang 70.000 KK.
Perbandingan yang tak seimbang dengan petugas PT. Pos penyalur bantuan akan mengakibatkan molornya waktu penerimaan bantuan. Namun hal ini diupayakan dapat terealisasi kepada masyarakat sebelum lebaran Idul Fitri 1441 H.

Bantuan lainnya yang diterima masyarakat terdampak Covid-19 berasal dari TNI dan Polri. Masyarakat yang merasa berhak dan belum terdata bisa melaporkan diri ke kantor Camat atau posko gugus tugas Covid-19 setempat untuk memperoleh bantuan ini.

Dalam kesempatan ini, para guru ngaji, imam dan garim masjid juga menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lima puluh Kota.

Informasi rincian penerima bantuan sebanyak 70 Ribu keluarga tersebut, menurut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Limapuluh Kota, direncanakan BLT dari sumber APBD Kabupaten sebanyak 10 ribu penerima. Hanya saja, belum bis dipastikan berapa nominal yang akan diterima masyarakat terdampak.

“Pemkab Limapuluh Kota merencanakan bantuan untuk keluarga terdampak Covid-19 sebagai BLT yang bersumber dari APBD Kabupaten sebanyak 10 ribu penerima , namun berapa besarannya hingga saat ini masih tengah dipergitungkan,”ungkap Kadissos Limapuluh Kota, Harmen kelihatan sedikit masih ragu.soal kepastian data, Rabu(20/5) malam.

Sementara untuk rincian 70 ribu penerima bantuan seperti diinformasikan Pemkab Limapuluh Kota melalui akun facebook Limapuluhkotakab Oke, dijelaskan kembali Dinas Sosial, ada bantuan PKH / Sembako sebanyak 20.556, perluasan sembako 1.548 keluarga, BST Kemensos 20.260 penerima, BST Provinsi Sumbar sebanyak 11.573 penerima.

“Selain itu juga ada BLT Dana Desa ( DD) melalui pendataan DPMDN sebanyak 13 ribu penerima. Sementara dari BLT Pemkab Limapuluh Kota direncanakan sebanyak 10 ribu penerima,”terang Kadisos, Harmen.(nn)

Pos terkait